Empat Pesan Wakil Presiden RI Bagi Peserta PPRA Lemhannas RI

Press Release

Nomor  : PR/   18   / VI /2022

Tanggal:   7    Juni 2022

Jakarta – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan empat pesan kepada Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 dan 64. Pesan tersebut disampaikan saat Kuliah Umum PPRA 63 dan PPRA 64 Tahun 2022 di Lemhannas RI pada Selasa (7/6) yang dilaksanakan secara hybrid.

Fokus kebijakan negara menurut Wakil Presiden RI adalah penciptaan kesejahteraan bagi rakyat. Oleh sebab itu, pesan pertama bagi peserta PPRA adalah menjadi pemimpin yang mampu berkolaborasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Pemimpin harus mampu membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan,” kata Wakil Presiden RI.

Hal ini perlu dilakukan karena rakyat harus memiliki kesempatan untuk mengakses barang dan jasa publik, mendapatkan perlindungan dari negara, serta memperoleh pelayanan publik yang baik.

Pesan kedua terkait dengan hubungan antar bangsa.  Menurut Wapres RI, dalam konteks mewujudkan kesejahteraan rakyat, hubungan antar bangsa menurut  harus didasarkan pada kerja sama yang saling menguntungkan. "Pemimpin bertugas mengambil manfaat dari struktur kerja sama internasional yang ada," kata Wapres RI.

“Dalam kerja sama, persaingan akan tetap muncul. Tugas pemimpin adalah bagaimana mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari struktur kerja sama internasional yang ada,” kata Wakil Presiden RI.

Selanjutnya, peserta PPRA 63 dan 64 diminta untuk memperkuat kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Kolaborasi ini bertujuan agar sumber daya riset yakni peneliti yang unggul, infrastruktur, dan anggaran semakin mengarah ke ilmu pengetahuan. Di sisi lain inovasi di Indonesia juga menuju hasil yang lebih baik.

Sebelum mengakhiri kuliahnya, Wakil Presiden berpesan agar peserta PPRA terus meningkatkan kemampuan dalam mengkomunikasikan gagasan, menganalisis, mengorganisasikan, dan menggunakan jaringan dalam menyelesaikan tugas kepemimpinannya.

“Terakhir, terus tingkatkan kemampuan dalam mengkomunikasikan gagasan secara efektif, menganalisis secara sistematis, serta mengorganisasikan dan menggunakan jaringan untuk menyelesaikan tugas seorang pemimpin. Kesemuanya itu dilandasi pada cara berpikir kritis, strategis, integral, dan holistik,” kata KH. Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin telah hadir memberikan pembekalan kepada para peserta PPRA 63 dan 64.

“Terima kasih bapak bersedia meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada kami, terutama kepada PPRA 63 dan 64 yang disiapkan untuk menjadi pemimpin nasional 3 sampai 5 tahun ke depan,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Dr. Purwadi Arianto, M.Si., Kepala Sekretariat Wakil Presiden Prof. Ahmad Erani Yustika, S.E., M.Sc., PhD., Deputi Pendidikan Kepemimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Lukman Hakim Siregar, Staf khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Wakil Tenaga Profesional Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, Wakil Koordinator Tenaga Ahli Pengajar Lemhannas RI Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc., dan para pejabat struktural Lemhannas RI.

Selain itu hadir pula para Tenaga Profesional Lemhannas RI, para Tenaga Ahli Pengajar Lemhannas RI, dan Tenaga Ahli Pengkaji Lemhannas RI secara virtual.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin saat memberikan Kuliah Umum kepada peserta PPRA 63 dan 64 Tahun 2022 Lemhannas RI

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749