Lemhannas RI Peringati HUT ke-55 dan Hari Kebangkitan Nasional

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Lemhannas RI, Rabu, 20 Mei 2020. Bertempat di Ruang Nusantara, upacara tersebut juga sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan dengan HUT Lemhannas RI tanggal 20 Mei.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa secara tersirat alasan Lemhannas RI diresmikan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional karena jiwa dan semangat perjuangan Lemhannas RI merupakan semangat kebangkitan nasional yang mampu mendorong bangkitnya kesadaran bersama untuk hidup bersatu dalam kebhinnekaan dan sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat. “Jiwa dan semangat kebangkitan nasional inilah, yang seharusnya senantiasa dipedomani dan dipahami oleh seluruh jajaran dan keluarga besar Lemhannas RI dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya,” ujar Agus Widjojo.

Selanjutnya Agus menyampaikan bahwa memasuki tahun 2020 ini, Indonesia dihadapkan pada konflik di Perairan Natuna dan bencana banjir di beberapa wilayah. Kemudian memasuki bulan Maret 2020 Indonesia dilanda Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 15.000 kasus dan membuat beberapa daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pandemi COVID-19 juga membuat pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin menurun dan membuat banyak sektor usaha mengalami kerugian dan terpaksa melakukan pemotongan upah kerja bagi beberapa karyawan, atau bahkan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menghadapi situasi tersebut, pemerintah mulai aktif memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak COVID-19. Selain itu, angka kesembuhan pasien di Indonesia juga meningkat dan tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Tema yang diangkat dalam peringatan HUT ke-55 Lemhannas RI yakni “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Bangun SDM Unggul Indonesia Maju” memiliki relevansi dengan situasi dan kondisi nasional saat ini.Bersama tema ini, dan dengan berlandaskan semangat kebangkitan nasional, Lemhannas RI melalui peran dan fungsinya, ingin menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan virus COVID-19,” kata Agus Widjojo.

Agus Widjojo juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel Lemhannas RI atas kerja keras dan berbagai capaian serta prestasi yang diraih Lemhannas RI. Namun, tetap harus disadari bahwa Lemhannas RI masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. “Lemhannas RI harus semakin peka dalam merespons berbagai dinamika kehidupan nasional dan beradaptasi dengan ekspektasi dan tuntutan masyarakat yang terus berkembang terkait dengan peran Lemhannas RI ke depan,” tutur Agus Widjojo.

Pada akhir amanatnya, Agus Widjojo mengingatkan kepada seluruh personel Lemhannas RI beberapa hal yang harus dipedomani. Hal pertama adalah memegang teguh dan mempertahankan cita-cita luhur dan marwah Lemhannas RI sebagai pengawal jati diri, karakter dan persatuan bangsa berdasarkan Empat Konsensus Dasar Bangsa. Selanjutnya, menjaga komitmen dan konsistensi pengabdian Lemhannas RI dengan memperkuat soliditas dan kebersamaan berdasarkan semangat kegotongroyongan.

Personel Lemhannas RI juga diharapkan dapat mengembangkan budaya pemikiran strategis yang menjangkau keluar (outward looking) dengan tetap berpedoman pada jati diri bangsa dan kepentingan nasional. Terakhir adalah mencermati dan menyikapi secara cerdas berbagai isu aktual yang berkembang, agar Lemhannas RI tidak terjebak dalam penyebaran berita bohong yang menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat.

Upacara tersebut hanya dihadiri oleh beberapa pejabat struktural, pejabat fungsional, perwakilan personel dan peserta PPRA 60 serta PPRA 61. Sedangkan sejumlah personel Lemhannas RI lainnya mengikuti upacara secara dalam jaringan (daring). Hal tersebut dilakukan demi menjaga physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), namun tentunya tidak mengurangi kekhidmatan dalam melaksanakan upacara.



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749