Tanoto Foundation Percayakan Lemhannas RI dalam Menyalurkan Sejumlah Alat Kesehatan

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) mendapatkan kepercayaan dari Tanoto Foundation untuk menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 500 baju pelindung diri dan 5000 masker. Penyerahan APD tersebut dilakukan secara simbolik dan dihadiri oleh beberapa pejabat struktural Lemhannas RI serta perwakilan Tanoto Foundation bertempat di Ruang Nusantara, Senin, 20 April 2020.

“Izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih, saya mewakilkan Tanoto Foundation, berkesempatan untuk mendukung pemerintah secara langsung untuk memberikan APD dalam hal ini berupa 500 baju pelindung diri dan 5000 masker,” kata Director of External Affairs Tanoto Foundation, Ari Gudadi.

Ari juga menyampaikan harapannya semoga dukungan tersebut dapat dimanfaatkan Lemhannas RI, para personel, dan pihak lain yang membutuhkannya. “Kami tentunya berharap semoga wabah pandemi COVID-19 dapat berakhir sehingga kita semua dapat melanjutkan pembangunan bagi Indonesia tercinta,” ujar Ari.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation atas kepercayaannya untuk bisa menyalurkan bantuan ini melalui Lemhannas RI dan mendistribusikan sesuai dengan pertimbangan yang ada pada Lemhannas RI kepada pihak yang paling memerlukan,” kata Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo.

Pada kesempatan tersebut Agus menyampaikan bahwa sudah jelas bahwa pandemi tidak hanya menimpa Indonesia, melainkan banyak bahkan hampir semua negara di dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa ini merupakan sebuah keadaan yang harus ditanggulangi bersama dan tidak dapat ditanggulangi sendiri baik dalam komponen sistem nasional maupun sistem internasional. Hal ini merupakan tantangan kemanusiaan.

“Bagi Lemhannas RI yang memiliki inti materi tentang Ketahanan Nasional dan 4 Konsensus Dasar Bangsa, keadaan ini banyak memberikan pelajaran bagaimana bereaksi terhadap sebuah keadaan yang bersifat mendadak,” kata Agus. Semakin tidak adanya sistem yang siap dan memiliki fleksibilitas dalam menghadapi perubahan baik perubahan gradual maupun perubahan mendadak, semakin banyak pendadakan strategis yang akan dihadapi. Maka menurut Agus ke depannya harus digali suatu sistem nasional yang mampu dan memiliki fleksibilitas dalam merespons suatu keadaan.

Masa ini juga menjadi peluang untuk melakukan studi banding dalam mencari solusi, mengenal kelemahan yang dimiliki, dan praktik-praktik terbaik dilihat dari perbedaan-perbedaan respons antara satu negara dengan negara lainnya.

Tanoto Foundation dan Lemhannas RI sedikit banyak memiliki persamaan fungsi dan peran yakni sama-sama bergerak dalam bidang pendidikan dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat hal tersebut, saat mengakhiri sambutannya Agus menyampaikan harapan supaya kerja sama ini menjadi awal yang baik untuk membuka kesempatan kerja sama selanjutnya yang lebih panjang dalam rangka membangun bangsa dan negara.

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropis independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto berdasarkan keyakinan bahwa setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensi penuhnya. Tanoto Foundation memanfaatkan kekuatan transformatif dari pendidikan untuk mewujudkan potensi penuh orang dan meningkatkan kehidupan.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749