Agus Widjojo: Esensi Bela Negara adalah Cinta Tanah Air

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang memberikan materi pada Seminar Nasional Resimen Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Selasa (30/04), menyatakan esensi dari bela negara adalah cinta tanah air.


"Wujud bela negara adalah kesiapan menjadi warga negara yang baik, mematuhi semua peraturan perundang-udangan, dan berperan dalam mengawasi jika terjadi penyimpangan. Sikap-sikap yang menunjukkan rasa cintanya terhadap tanah air seperti memakai produk-produk dalam negeri, tekun belajar, serta menjaga dan mengenali lingkungan termasuk pengaplikasian bela negara dalam kehidupan sehari-hari", jelas Agus.


“Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara” tutur Agus. Dalam hal ini Agus menegaskan bahwa kata dasarnya adalah kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak ada penekanan pada satu profesi. Setiap warga negara, apapun profesinya, dapat ikut andil dalam melakukan bela negara.


Agus Widjojo pada seminar yang mengusung tema “Bela Negara dalam Perspektif Milenial di Era Revolusi Industri 4.0”ini menjelaskan mengenai unsur-unsur bela negara, yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa, yakin akan pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara. Unsur pertama sampai keempat merupakan unsur yang menjadi wilayah kewenangan masyarakat, sedangkan unsur kelima merupakan kewenangan kementerian pertahanan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat luas memiliki wewenang dalam melakukan bela negara.


Agus juga menegaskan agar para milenial tidak melupakan sejarah bangsa dimasa lalu, “Untuk memahami bangsa kita sekarang, kita harus memahami darimana datangnya bangsa kita” ungkap Agus. Belajar sejarah masa lalu dapat membangun pemahamanan atas apa yang terjadi pada bangsa dimasa kini serta menjadi pegangan dalam pengambilan keputusan di masa mendatang.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749