Olahraga Bersama, Jadi Rangkaian Kegiatan HUT Lemhannas RI Ke-54

Lemhannas RI mengadakan kegiatan olahraga bersama di lapangan tengah Lemhannas RI, Jumat (3/5). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari perayaan HUT Lemhannas RI yang ke-54. Pembukaan acara olahraga bersama ini dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang menyampaikan amanatnya.

Dalam amanatnya, Agus menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya olahraga bersama ini agar kebugaran jasmani dan jiwa kita selalu terjaga. “Hal ini perlu kita sadari bersama, karena terkadang dengan kesibukan yang kita miliki, kita dapat melupakan hal yang penting untuk kita jaga, yaitu kebugaran jasmani, jiwa dan pikiran yang sehat perlu didukung dengan jasmani yang sehat pula”, ujar Agus.

Agus juga menambahkan bahwa perayaan HUT Lemhannas RI yang ke-54 ini merupakan sebuah peringatan yang ditemukan setahun sekali, untuk menciptakan kebersamaan antar sesama warga lemhannas. Yang pertama melalui kegiatan-kegiatan yang membangun sifat kebersamaan, salah satunya adalah olahraga bersama ini. Selain itu, ada juga hiburan untuk mereka yang telah melaksanakan tugas dengan baik, maka inilah saatnya untuk bergembira bersama. Dan yang ketiga adalah aspek ritual dimana kita berdoa kepada Tuhan YME untuk kita yang akan melaksanakan tugas-tugas dimasa depan.

Di HUT yang ke-54 ini, Lemhannas mencanangkan “Kebersamaan Bhinneka Tunggal Ika, Pasca Pesta Demokrasi 2019”. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dan tantangan sebagai masyarakat, bangsa dan negara.

“Ini merupakan tantangan bagi ciri-ciri bangsa kita, yang katanya kita mempunyai sifat gotong royong dan musyawarah, dan dituangkan dalam nilai-nilai modern untuk menempatkan kita sebagai warga negara yang bukan hanya mempunyai hak tapi juga kewajiban. Kewajiban untuk menaati semua ketentuan peraturan perundang-undangan yang dibenakkan kepada kita, apabila kita sepakat untuk hidup bersama didalam wilayah geografis Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan saudara sebangsa yang bersifat bhineka. Itu adalah harapan Lemhannas, semoga itu bisa terwujud, bisa digelorakan dan dihayati oleh seluruh masyarakat”, sambung Agus.

Rangkaian kegiatan olahraga bersama kali ini dimulai dengan senam aerobik yang diikuti oleh seluruh anggota Lemhannas RI. Dilanjutkan dengan pertandingan futsal dan tarik tambang antara peserta PPRA LIX dengan satuan keamanan dan pejabat struktural Lemhannas RI.

Selain olahraga bersama, acara kali ini juga diisi dengan pembagian hadiah untuk pemenang lomba dari rangkaian acara sebelumnya. Gubernur Lemhannas RI juga memimpin pembagian doorprize bagi anggota-anggota Lemhannas yang beruntung. Hadiahnya terdiri dari sepeda motor, peralatan elektronik dan rumah tangga. Kegiatan hari ini juga ditutup dengan hiburan musik, para anggota Lemhannas terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan olahraga bersama ini.


Rangkaian perayaan HUT Lemhannas RI yang ke-54 tidak berakhir hari ini. Setelah diadakannya kegiatan perlombaan olahraga antar warga Lemhannas, donor darah dan bakti sosial, akan ada beberapa agenda lanjutan. Dalam agendanya tahun ini, Lemhannas RI akan mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan untuk mengenang jasa para Pahlawan pada Kamis, (16/5). Dan pada puncak acara perayaan di hari Senin (20/5) juga diagendakan beberapa kegiatan, kegiatan tersebut meliputi upacara bendera, jam pimpinan bersama Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, orasi ilmiah, dan ditutup dengan acara syukuran di ruang Dwi Warna, Gedung Panca Gatra, Lemhannas RI yang juga akan diikuti oleh seluruh jajaran Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749