Peserta PPRA 59 Studi Strategis Ke Vietnam

Rombongan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 59 Lemhannas RI melakukan studi strategis luar negeri (SSLN) ke Vietnam, Senin (22/4) hingga Jumat (26/4). Selain Vetnam, terdapat pula negara lain yang menjadi destinasi SSLN yaitu India, Jepang, dan Korea Selatan . Studi strategis luar negeri ini merupakan bagian dari aktivitas kegiatan pendidikan di PPRA, yang bertujuan untuk meningkatan pemahaman peserta tentang peran negara tujuan dalam lingkungan strategis atau geopolitik, sekaligus studi banding untuk memperoleh data, informasi, dan kondisi terkini negara tujuan tersebut yang digunakan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan. Berbeda dengan SSLN sebelumnya yang mengarahkan peserta untuk studi banding dan membuat hasil studi secara kolektif, SSLN tahun ini mengarahkan peserta untuk membuat hasil studi dan observasi di lapangan secara individu dengan sebelumnya telah menyusun proposal aspek atau objek apa saja yang akan ditelaah nantinya di negara tujuan SSLN sesuai dengan aspek dinamis pancagatra.

Rombongan yang mengunjungi Vietnam ini, terlebih dahulu mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi, Vietnam, Senin (22/4) untuk mendapatkan wawasan dan masukan negara tentang ujuan SSLN, sekaligus pendalaman diskusi terkait objek observasi yang akan diteliti peserta. Pada kesempatan ini, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Dr. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. turut menghadiri courtesy call, diskusi, dan jamuan makan malam yang telah disiapkan oleh pihak KBRI.

Pada hari selanjutnya rombongan peserta PPRA 59 berkunjung ke sejumlah institusi seperti National Defence Academy (NDA), Institute Defence Strategy (IDS), Kementarian Industri dan Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Badan Energi Atom Vietnam, dan Vietnam Telecomunication (VIETTEL).

Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas RI Komjen Pol Dr. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. memberikan cinderamata kepada Duta Besar Indonesia untuk Vietnam (Dubes RI Hanoi) Bapak Ibnu Hadi

Courtesy call Dubes RI Hanoi dengan Sestama Lemhannas RI, yang dihadiri pula oleh pimpinan rombongan, tenaga ahli, liasion officer, atase pertahanan (athan), dan perwakilan peserta.

Pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri, diterirma oleh Mr. Nguyen Huy Son (Plt Direktur East Sea Institute)


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749