Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI) bertempat di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra Lemhannas RI, Jakarta pada Selasa (29/03). Hadir dalam audiensi tersebut Ketua Umum APDI Prof. Dr. Ignasius Sutapa, Wakil Ketua Umum APDI Ir. Arif Ilham Adnan, dan Bendahara APDI Hung Hung Natalya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum APDI menjelaskan latar belakang berdirinya APDI. APDI merupakan asosiasi profesi dari para pemimpin yang telah mengikuti Digital Leadership Academy (DLA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai langkah untuk membantu percepatan transformasi digital Indonesia. APDI dibentuk sesuai saran Menteri Kominfo kepada alumni DLA untuk membentuk asosiasi sebagai wadah bagi para pemimpin digital agar dapat memberikan kontribusi yang luas dan berkelanjutan ke depan. 

Ketua Umum APDI juga menyampaikan sedang melakukan finalisasi dalam penyusunan organisasi untuk mengidentifikasi bidang-bidang area yang perlu mendapatkan sentuhan transformasi digital. “Berdasarkan arahan dari Pak Menteri (Menteri Kominfo) juga adalah penting untuk kami mendapatkan arahan juga dari Lemhannas RI,” tutur Ketua Umum APDI. Lebih lanjut, Ketua Umum APDI menyampaikan permohonan kepada Gubernur Andi untuk menjadi salah satu Dewan Pembina APDI, yang akan terdiri dari beberapa kepala kementerian dan lembaga.

Gubernur Andi menyambut baik inisiatif pembentukan APDI dan kepercayaan untuk menjadi bagian organisasi APDI. Kemudian, Gubernur Andi menyampaikan Lemhannas RI, sesuai arahan Presiden, sedang fokus pada lima topik kajian yang salah satunya adalah transformasi digital. “Itu juga terkait dengan pembentukan smart digital city di IKN sebagai salah satu prototipe pertama menuju smart digital Indonesia,” kata Gubernur Andi. 

Turut hadir dalam audiensi tersebut mendampingi Gubernur Lemhannas RI, yakni Kepala Biro Telematika Lemhannas RI Marsma TNI Mohammad Syafii, S.I.P., M.M., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han)., dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749