Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Memberikan Ceramah kepada Peserta PPRA 63 Lemhannas RI

Sebanyak seratus orang peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menerima ceramah bertema “Kepemimpinan Nasional dan Permasalahannya”. Ceramah yang diberikan secara virtual oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo berjudul “Pemilihan Kepemimpinan Nasional dalam Sistem Politik Demokrasi” pada Senin (18/04).

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjelaskan bahwa proses kepemimpinan terdiri dari elemen pengikut dan situasi. Elemen pengikut terdiri dari pengikut terdidik, terlatih, dan pelaksana yang memicu perbedaan pada gaya komunikasi. Kemudian pada elemen situasi terdiri dari organisasi, sifat, misi, dan pemahaman tentang latar belakang. Kedua elemen ini yang akan mempengaruhi bagaimana seorang pemimpin bertindak. 

Lalu dalam pelaksanaan tugasnya seorang pemimpin harus punya nilai karakter, moral, etika, dan gaya kepemimpinan. Kepemimpinan itu untuk memobilisasi organisasi melaksanakan tugas pokok yang dikomunikasikan dalam membuat keputusan, kebijakan, serta visi dan misi.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan kepemimpinan memiliki tiga inti, yaitu be (mempunyai), know (mengetahui), dan do (melakukan). “Jadilah orang yang mempunyai komitmen moral dan etika serta jadilah orang yang mempunyai karakteristik dan sifat pemimpin profesional berdasarkan konstitusi, prinsip moral, kompetensi, keberanian, dan integritas,” pesan mantan Gubernur Lemhannas RI itu. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749