Gubernur Lemhannas RI Audiensi dengan Sekretaris Jenderal Wantannas RI

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Sesjen Wantannas RI) Laksdya TNI Dr. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., M.Tr.Opsla. bertempat di Ruang Nusantara II Lemhannas RI pada Jumat, 25 Maret 2022.

Gubernur Andi menyambut baik kehadiran Sesjen Wantannas RI dan para pendamping dalam audiensi yang dilaksanakan di Lemhannas RI. “Selamat datang di Lemhannas, dan mohon maaf kita belum sempat bertemu secara formal seperti hari ini, walaupun beberapa kali sudah bertemu sebelumnya,” kata Gubernur Andi.

Adapun dalam audiensi tersebut, Sesjen Wantannas RI didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Setjen Wantannas RI Marsda TNI Maman Suherman, M.A.P., M.Han., Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas RI Laksda TNI Gregorius Agung W. D., M.Tr (Han)., Staf Ahli Bidang Iptek Setjen Wantannas RI DR. Ir Hendri Firman Windarto., M.Eng., dan Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Setjen Wantannas RI Brigjen TNI Edi Syahputra Siahaan, S.I.P., M.M.

Audiensi antara Gubernur Lemhannas RI dengan Wantannas RI membahas tentang kolaborasi lebih lanjut antara Wantannas RI dengan Lemhannas RI. Selanjutnya, hasil kolaborasi tersebut diharapkan dapat disampaikan kepada Presiden.

Selain itu, Gubernur Andi juga menyampaikan arahan presiden kepada Lemhannas RI untuk melakukan kajian selama tiga tahun ke depan di lima isu. Lima isu tersebut yakni, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, ketahanan IKN, dan persiapan untuk 2024 tentang konsolidasi demokrasi.

“Kami di Lemhannas diminta melakukan kajian di lima isu selama 3 tahun ke depan, ekonomi hijau ekonomi biru, ekonomi hijau dengan ekonomi biru itu terkait dengan ketahanan pangan itu yang terutama, lalu ada kajian tentang transformasi digital kaitannya dengan pertahanan dan keamanan siber, ekonomi digital juga masuk di sana, yang keempat adalah tentang ketahanan IKN, tentang perpindahan ibu kota dari jakarta ke nusantara, lalu yang kelima bersiap untuk 2024 tentang konsolidasi demokrasi. Itu 5 hal yang akan kami fokuskan di Lemhannas,” kata Gubernur Andi.

Oleh sebab itu, Gubernur Andi menilai kolaborasi Lemhannas RI dengan Wantannas RI sangat penting untuk dilakukan. “Kolaborasi Wantannas dengan Lemhannas sangat sangat penting untuk terus diperkuat, sehingga kita bisa bersama-sama mengawal kebijakan-kebijakan strategis yang memang harus dirumuskan oleh Presiden,” kata Gubernur Andi.

Pada kesempatan itu, Sesjen Wantannas juga meyakini Gubernur Andi dapat membawa Lemhannas lebih maju lagi untuk kepentingan NKRI, khususnya dalam menghadapi tantangan ke depan.

“Saya yakin Bapak akan bisa membawa lebih baik lagi, lebih maju lagi Lemhannas untuk kepentingan NKRI ini. Memang tantangan ke depan berkaitan dengan masalah ketahanan nasional yang wujudnya adalah keamanan nasional, yang akan semakin kompleks dan semakin dinamis,” kata Sesjen Wantannas RI.

Turut hadir Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., Kepala Pusat Laboratorium Lemhannas RI Marsma TNI Suroto, S.T., M.A.P., Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han., Kepala Biro Perencanaan Settama Lemhannas RI Brigjen TNI Muhamad Rusli, S.H., S.I.P., M.M., dan Kepala Biro Kerja sama dan Hukum Settama Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han) mendampingi Gubernur Lemhanas RI menerima audiensi dari Sesjen Wantannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749