Gubernur Lemhannas RI Tahun 2016-2022 Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Memberikan Pengarahan kepada Seluruh Personel Lemhannas RI

Mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) sejak April 2016, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo memasuki tahapan menjelang akhir jabatan. Terkait hal tersebut, seluruh personel Lemhannas RI mendapatkan pengarahan pada Selasa, (11/01).

Selama dipimpin Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Lemhannas RI tercatat telah melaksanakan 9 angkatan Program Pendidikan Reguler (PPR), 3 angkatan Program Pendidikan Singkat (PPS), 1 angkatan Program Pemantapan Pimpinan Daerah (P3D), berbagai program Pemantapan Nilai-Nilai dan Wawasan Kebangsaan sebanyak 45 kegiatan, 5 kali Jakarta Geopolitical Forum (JGF), dan 3 kali Program Making Indonesia 4.0.

Selain berhasil melaksanakan berbagai program, di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Lemhannas RI juga berhasil memenuhi berbagai kriteria dan tolok ukur kerja. Lemhannas RI berhasil mendapatkan kriteria Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) selama 5 tahun berturut-turut. Kemudian Lemhannas RI berhasil meraih posisi kedua dalam kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) pada Penilaian Integritas Komisi Pengawas Korupsi (KPK).  Dalam hal Reformasi Birokrasi, hasil penilaian Reformasi Birokrasi Lemhannas RI mendapatkan kriteria sangat baik. Terkait implementasi Keterbukaan Informasi Publik, Lemhannas RI pada tahun 2018 sampai 2020 meraih predikat Cukup Informatif dari Komisi Informasi Pusat dan pada tahun 2021 berhasil meningkat menjadi Menuju Informatif.

Sejalan dengan hal tersebut, indikator kinerja pelaksanaan anggaran juga terus meningkat dari penyerapan anggaran 83,10% menjadi 93,59% kemudian menjadi 97,8% dan untuk tahun 2021 hingga saat ini sudah mencapai 98%.

“Semua capaian tersebut tidak merupakan hasil kerja satu orang, tapi merupakan hasil kegiatan, hasil kinerja, dan kerja sama seluruhnya serta menunjukkan pelaksanaan tugas yang baik di antara kita semuanya. Saya berharap bahwa kondisi ini dan kemampuan ini tetap bisa dipertahankan,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Kemudian Gubernur Lemhannas RI berharap setiap personel Lemhannas RI dapat meningkatkan kompetensi perseorangan dan jiwa korsa. Gubernur Lemhannas RI mencermati bahwa personel Lemhannas RI berasal dari latar belakang induk organisasi yang berbeda dan kultur organisasi yang berbeda. Oleh karena itu, setiap personel dituntut untuk saling pengertian, saling bekerja sama, dan saling memahami tugas masing-masing. “Perbedaan di dalam penugasan, di dalam kultur, dan di dalam perilaku bukanlah sebuah kendala atau hambatan, tetapi justru merupakan kekayaan,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Gubernur Lemhannas RI juga menyoroti masa depan yang akan penuh dengan perubahan. Menurut Gubernur Lemhannas RI, Lemhannas RI harus memiliki fleksibilitas dan keluwesan agar dapat menyesuaikan dengan perubahan di masa depan. “Kita harus punya kesediaan fleksibilitas untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan-perubahan dan perubahan-perubahan itu akan semakin cepat adanya ke masa depan,” kata Gubernur Lemhannas RI.

“Pergantian personel, pergantian pimpinan, itu adalah suatu hal yang biasa di dalam organisasi untuk menjaga kesegaran organisasi,” kata Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa hal tersebut tidak harus mengubah visi dan misi organisasi. Setiap personel Lemhannas RI harus tetap melaksanakan tugas masing-masing dan memberikan upaya terbaik. “Laksanakan tugas masing-masing, berikan yang terbaik nanti kepada gubernur baru, sebagaimana saya telah merasakan akan sumbangan terbaik dari anda-anda sekalian,”

“Ketika besok saya meninggalkan kampus almamater Tanhana Dharmma Mangrva, maka apabila saya menengok ke belakang dan melihat almamater ini, saya akan percaya bahwa di sinilah lembaga yang tidak pernah tidak peduli terhadap nasib bangsa, dan di sinilah lembaga yang bisa memberikan kontribusi yang konstruktif dan objektif terhadap bangsa dan negara. Selamat bertugas,” kata Gubernur Lemhannas RI menutup pengarahannya. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749