Di hadapan para peserta PPRA LVIII, Menteri Sekretaris Negara RI, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. memaparkan pentingnya kesiapan diri menyongsong Revolusi Industri 4.0 yang sudah ada di depan mata. Ia memberikan ceramah berjudul “Sistem Manajemen Nasional

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI, Brigjen TNI Mindarto beserta jajarannya, mengunjungi LPP RRI dan LPP TVRI (23/5). Kunjungan pertama yaitu ke LPP RRI, Karo Humas didampingi oleh Kabag Protdok  Kolonel Laut (P) Eddy Tarjono, Kasubbag Protokol Letkol Inf M. Isdar, Kasubbag Dokumentasi Letkol Inf Adlansyah M., dan Kasubbag Hubanlem Endah Heliana. Kunjungan tersebut diterima oleh Direktur Utama LPP RRI H. Mohammad Rohanuddin yang didampingi oleh Direktur Program dan Produksi Soleman Yusuf, serta Kepala Pusat Pemberitaan Pro-3 RRI Widhi Kurniawan di Ruang Tamu Piminan LPP RRI, Jakarta Pusat.

 

Dalam pertemuannya dengan pimpinan LPP RRI, Mindarto menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dalam rangka mempererat hubungan dan meningkatkan kerja sama antara Lemhannas RI dan LPP RRI. Terkait dengan hal itu, Soleman Yusuf menyampaikan LPP RRI tertarik untuk bekerjasama dengan Lemhannas RI untuk menyelenggarakan Dialog Kebangsaan.

 

“Untuk masalah terkait dengan Dialog Kebangsaan, LPP RRI sangat membuka diri, karena mempererat masalah kebangsaan memang bagian dari tugas dan fungsi kami,” kata Mohammad Rohanuddin. Akan tetapi, Soleman Yusuf menambahkan, “Dialog kebangsaan tiga bulan sekali sangat sedikit, kalau bisa setiap bulan. Jangan sampai para pendengar terlanjur lupa dengan informasi terkait masalah kebangsaan.

 

”Direncanakan, launching Dialog Kebangsaan akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Media Massa di Lemhannas RI. Selain itu, LPP RRI juga mengundang Gubernur Lemhannas RI sebagai orator dalam acara Konser Kebangsaan LPP RRI yang akan diselenggarakan pada awal Agustus 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan.

 

LPP RRI telah menunjukkan prestasinya sebagai stasiun radio yang menjadi konsumsi utama bagi masyarakat Indonesia. Sampai saat ini, RRI telah memiliki 97 stasiun dan 222 stasiun relay di Indonesia. “Selain itu, dalam Pesta Akbar Sepakbola Piala Dunia 2018 di Rusia, LPP RRI telah dipercaya untuk menyiarkan pertandingan sepakbola secara langsung ke seluruh pendengar se-tanah air,” kata Mohammad Rohanuddin.

 

657C9777


Pada kunjungan yang kedua, jajaran pejabat Biro Humas ditemui oleh Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya dan Direktur Umum Tumpak Pasaribu di Ruang Tamu Pimpinan LPP TVRI, Jakarta Pusat. Helmy Yahya menyebutkan, LPP TVRI saat ini tengah mengembangkan diri dengan menjadi televisi yang mampu menyampaikan misi-misi kebangsaan lewat acara yang mudah diterima oleh masyarakat. “Saat ini TVRI sudah membungkus acara kebangsaan dengan kemasan yang lebih menarik dan mudah diterima oleh masyarakat, seperti program Gue Pancasila, atau sitkom yang melibatkan komika-komika nasional,” kata Helmy Yahya.

 

Mindarto menyampaikan bahwa, Lemhannas RI berharap bisa bekerja sama dengan TVRI dalam mengadakan acara semacam talkshow terkait dengan wawasan kebangsaan.  Menyikapi ide tersebut, Helmy Yahya menyampaikan bahwa materi-materi kebangsaan saat ini perlu dikemas dengan cara yang lebih menarik dan tidak monoton, seperti diskusi sambil berjalan bersama Gubernur Lemhannas RI di tepi pantai, atau saat penyelenggaran kelas Program Pendidikan Reguler Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749