Cetak

PPRA 65 Lemhannas RI Laksanakan Studi Strategis ke Laos

Press Release

Nomor  : PR/ 35 / VI / 2023

Tanggal:  19 Juni 2023

Jakarta- Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 melakukan Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) ke Laos. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Juni 2023.

 

SSLN PPRA 65 Lemhannas RI mengunjungi sebelas institusi dan objek wisata di Laos, antara lain, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Vientiane, Kaysone Phomvihane Academy of National Defence, Museum Nasional Kaysone Phomvihane, Kementerian Keamanan Publik (Ministry of Public Security/MoPS), Kementerian Perencanaan dan Investasi (Ministry of Planning and Investment), Thanaleng Dry Port, First Thai-Lao Friendship Bridge, Pha That Luang, Patuxai Monument, Wat Si Saket, serta Talat Sao Market.

 

SSLN merupakan kegiatan peninjauan langsung ke pusat pemerintahan, objek strategis/unggulan, dan lembaga organisasi internasional di negara tujuan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengkayaan dan pembulatan pemahaman para peserta setelah menerima ceramah, membuat kajian serta melaksanakan diskusi tentang Lingkungan Strategis Kontemporer.

 

Selain itu, SSLN ini juga bertujuan untuk membekali para peserta dalam mempelajari serta mengkaji kondisi dan prospek hubungan bilateral setiap negara tujuan dengan Indonesia, baik dalam rangka kepentingan nasional maupun dari segi perspektif pembangunan nasional.

 

Para peserta mempelajari serta mengkaji kondisi dan prospek tersebut melalui audiensi, diskusi, dan peninjauan objek strategis/unggulan di masing-masing negara.

 

SSLN ke Laos diikuti oleh 25 peserta PPRA 65 dan didampingi oleh Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si., Tenaga Profesional Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Dr. I Putu Sastra Wingarta, S.I.P., M.Sc., para pejabat struktural beserta staf Lemhannas RI.

 

Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat memiliki kepekaan dan cakrawala pandang yang lebih luas terhadap perkembangan lingkungan sekitar negara-negara lain di kawasan yang memiliki dampak strategis bagi Indonesia.

 

Kepekaan tersebut penting untuk dimiliki, karena setiap perkembangan yang terjadi akan mempengaruhi kebijakan negara, baik dalam menggapai kepentingan nasional maupun menjalin hubungan kerja sama internasional. Selain itu, pra peserta juga diharapkan dapat lebih memahami kondisi pembangunan nasional dan prospek hubungan bilateral negara tujuan dengan Indonesia.

 

SSLN PPRA 65 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga negara lain, yakni Singapura, Kamboja, dan Vietnam dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

  

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPRA 65 saat melaksanakan SSLN ke Laos.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri