Perkuat Wawasan Kebangsaan melalui Pelatihan untuk Pelatih Lemhannas RI

Press Release

Nomor  : PR/24/ VI /2023

Tanggal: 6 Juni 2023

Manado – Ada beberapa hal yang mempengaruhi melemahnya nilai-nilai kebangsaan di Indonesia, antara lain, tantangan global, eskalasi dinamika geopolitik, dan kondisi tanah air yang tengah memasuki tahun politik.

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyebutkan bahwa Lemhannas RI diminta oleh Presiden RI Joko Widodo membuat laporan tentang perkembangan dinamika geopolitik global, seperti belum adanya solusi dari permasalahan Rusia-Ukraina dan belum meredanya ketegangan Amerika-Tiongkok.

Terkait kondisi tanah air yang tengah memasuki tahun politik, Gubernur Andi juga menekankan pentingnya memperkuat perisai bangsa melalui konsensus dasar dan wawasan kebangsaan.

“Pengalaman di pemilu-pemilu sebelumnya, kita tahu bahwa politik kebangsaan itu harus diperkuat. Tugas dari Lemhannas RI untuk memastikan tidak ada intervensi yang dilakukan negara lain, tidak ada anomali dan penyebaran hoaks,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023.

Oleh sebab itu, Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menanggulangi hal tersebut dan diharapkan juga dapat memperkuat wawasan kebangsaan di Sulawesi Utara.

Melalui pelatihan ini, tambah Gubernur Andi, diharapkan para dosen, guru, dan widyaiswara dapat menjadi pelatih pemantapan nilai-nilai kebangsaan di wilayah Sulawesi Utara ke depannya.

Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Selasa (6/6/2023) di Hotel Sutan Raja Manado ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 35 dosen, 9 widyaiswara, 42 guru, 8 prajurit TNI, dan 6 anggota Polri.

Berlangsung selama sebelas hari hingga Jumat (16/6/2023), pelatihan tersebut mengangkat tema “Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari 4 (Empat) Konsensus Dasar Bangsa Guna Memelihara dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut yaitu Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara Evans Steven Liow, S.Sos, MM, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara Ferry Sangian, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat membuka kegiatan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749