Lemhannas Selenggarakan Kegiatan Donor Darah dan Skrining Alat Kesehatan NIVA

Press Release

Nomor  : PR/ 15 / V /2023

Tanggal:  15 Mei 2022

Jakarta – Memperingati Hari Jadi Ke-58, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah dan Skrining Alat Kesehatan NIVA (Non-Invasive Vascular Analysis) di Ruang Dwi Warna Purwa, Lemhannas pada Senin (15/05/2023).

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang diselenggarakan untuk meningkatkan solidaritas personel Lemhannas RI dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) memenuhi kebutuhan kantong darah harian.

 

Pada kegiatan tersebut, Lemhannas menargetkan 150 kantong darah, namun Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menilai bahwa kegiatan donor darah harus lebih intens dilakukan karena target tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian PMI DKI Jakarta.

 

Hal ini disebabkan, PMI DKI Jakarta membutuhkan sekitar 1500 kantong darah per hari, sedangkan Lemhannas hanya mampu menyumbang sepuluh persen kebutuhan harian tersebut.

 

“Dari Saya, di kepala, saya hitung cepat cuma 0.005 dari kebutuhan bulanan PMI Jakarta, jadi yang kita lakukan tampaknya harus lebih sering lagi, harus digalang lebih intens lagi untuk membantu teman-teman di PMI agar memiliki cadangan darah yang cukup,” kata Gubernur Lemhannas RI dalam sambutannya.

 

Sependapat dengan Gubernur Lemhannas RI, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi DKI Jakarta H. Syarifuddin, S.E., M.M. juga menilai bahwa kegiatan donor darah ini harus dilaksanakan karena setiap hari banyak pasien yang membutuhkan darah.

 

“Setiap hari memang ada adek-adek kita yang talasemi, ini ada ratusan yang harus transfusi darah dan juga gagal ginjal, banyak orang tua yang harus cuci darah, makanya darah ini sangat dibutuhkan, karena kalau di Jakarta kurang lebih ada 154 rumah sakit dengan botabek ada 400 rumah sakit,” kata H. Syarifuddin, S.E., M.M.

 

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Azhar Jaya, S.K.M., M.A.R.S. juga berharap Lemhannas RI dapat terus berkontribusi melalui kegiatan donor darah untuk memperkuat solidaritas dan semangat kebangsaan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

 

Menurut dr. Azhar Jaya, S.K.M., M.A.R.S., kegiatan donor darah merupakan tindakan kemanusiaan yang mulia dan berdampak positif bagi kesehatan manusia, terutama bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah untuk kesembuhan penyakit atau pemulihan kondisi kesehatan.

 

“Kita semua tentu paham bahwa setetes darah yang kita sumbangkan dapat membawa manfaat yang luar biasa bagi orang lain. Selain membantu menyelamatkan nyawa, donor darah juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup bagi orang yang menerima transfusi darah,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Azhar Jaya, S.K.M., M.A.R.S.

 

Oleh sebab itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Lemhannas.

 

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada kegiatan ini, mulai dari panitia penyelenggara, Lembaga Ketahanan Nasional, petugas medis, hingga peserta donor darah dan skrining alat kesehatan NIVA,” kata dr. Azhar Jaya, S.K.M., M.A.R.S.

 

Selain donor darah, skrining alat kesehatan NIVA juga dilaksanakan pada kegiatan tersebut. NIVA merupakan alat kesehatan hasil kerja sama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita untuk skrining awal penyakit kardiovaskular.

 

Adanya alat kesehatan tersebut, diharapkan dapat menurunkan jumlah pasien yang membutuhkan tindakan medis dan dapat mengevaluasi rasio pengobatan penyakit pembuluh darah serta hipertensi.

 

Selain Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Azhar Jaya, SKM, MARS. dan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi DKI Jakarta H. Syarifuddin, SE., MM., kegiatan ini juga dihadiri oleh Manufakturer Alkes NIVA Tumpal Sihombing, Inventor Alkes NIVA Prof. Dr. Ir. Tati Latifah E.R Mengko, NIVA Medical Advisor Dr. Jetty H. Sedyawan SpJP. K FIHA, FAPSC, FasCC., dan para pejabat Lemhannas RI.

  

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Kegiatan Donor Darah dan Skrining Alat Kesehatan NIVA dalam Rangka Hari Jadi Ke-58 Lemhannas RI.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749