Lemhannas RI akan Selenggarakan Talkshow Gebyar Wawasan Kebangsaan

Press Release

Nomor  : PR/ 21 /V/2023/Pre Event

Tanggal : 23 Mei 2023

Jakarta - Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) akan menggelar Talkshow Gebyar Wawasan Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2023 #PancasilaJatiDiriBangsa bertempat di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Acara yang akan dihelat secara hibrida pada hari Rabu, 24 Mei 2023 pukul 09.00 WIB ini menghadirkan Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto sebagai pembicara kunci. Selain itu hadir pula narasumber terkemuka lain, di antaranya, Wakil Ketua MPR RI periode 2019—2024, Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H.; Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc.; dan Founder Yayasan Harapan Pemuda Indonesia, Laila Nihayati.

Melalui kegiatan ini, Lemhannas RI mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan ketahanan nasional melalui upaya penguatan nilai-nilai Pancasila di era gempuran digitalisasi.

Oleh sebab itu, acara ini mengangkat tema “Penguatan Pancasila sebagai Jati Diri Bangsa di Era Digital dalam Rangka Mendukung dan Meningkatkan Ketahanan Nasional”.

Sejak dilahirkan pada 1 Juni 1945, Pancasila harus menghadapi berbagai tantangan yang mengancam eksistensinya, antara lain, memudarnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pesatnya perkembangan teknologi dalam hal penyebaran informasi di internet, khususnya media sosial. Berbagai macam informasi dapat secara mudah, cepat, dan tanpa batas diakses oleh masyarakat di media sosial, baik positif maupun negatif.

Para narasumber akan menjawab sejumlah pertanyaan penting, misalnya bagaimana peranan generasi muda saat ini untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila menghadapi era digital dan globalisasi dan bagaimana strategi dalam pemanfaatan platform digital dalam penguatan Pancasila.

Melalui acara ini, diharapkan seluruh komponen bangsa dapat melihat peluang dan strategi di era digital yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Ancaman maupun kendala yang dihadapi di era digital juga diharapkan dapat dipahami oleh seluruh komponen bangsa untuk mempermudah peningkatan nilai-nilai Pancasila.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Publik dapat mendaftar pada tautan http:// s.id/DaftarGebyarWasbangPancasila2023.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: E-Flyer Talkshow Gebyar Wawasan Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2023 #PancasilaJatiDiriBangsa

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749