Gubernur Lemhannas RI Ziarah ke Makam Bung Karno

Press Release

Nomor  : PR/ 16 / V /2023

Tanggal:   16 Mei 2023

Jakarta – Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto beserta jajaran pimpinan Lemhannas RI melakukan ziarah dan tabur bunga ke Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur pada Selasa (16/05). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lemhannas RI yang mengusung tema “Transformasi Lemhannas RI 5.0: Memperkuat Kepemimpinan Strategis Indonesia 2045”.

Ziarah dan tabur bunga ke Makam Bung Karno merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh Lemhannas RI setiap memperingati hari jadi.

Mengapa Makam Bung Karno? Karena Bung Karno merupakan pencetus gagasan mengenai Pancasila, tokoh proklamator bersama Bung Hatta, presiden pertama Republik Indonesia, dan tokoh penting melalui gagasannya membentuk serta meresmikan Lemhannas RI pada 20 Mei 1965.

Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan bagi Bung Karno sebagai sosok yang sangat berjasa dan penting bagi Lemhannas RI, serta salah satu bentuk upaya untuk merawat semangat, ide, dan pemikiran Bung Karno, terutama dalam bidang ketahanan nasional sebagai entitas bangsa dan negara.

Pembentukan Lemhannas RI merupakan salah satu urgensi nasional dalam menyelamatkan serta melestarikan cita-cita proklamasi kemerdekaan, tujuan bangsa Indonesia, dan terjaminnya kelangsungan hidup bangsa Indonesia akibat dinamika geopolitik yang terjadi saat itu. Oleh sebab itu, Bung Karno selaku Presiden Pertama RI memberikan pidato tentang Geopolitik pada kuliah pertamanya di Lemhannas RI.

Gubernur Andi melakukan ziarah dan tabur bunga bersama pimpinan Lemhannas RI, yang terdiri dari Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Inspektur Jenderal Polisi Drs. Rudy Sufahriadi, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsekal Muda TNI Andi Heru Wahyudi, Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, M.M., M.Tr.Opsla., dan Para Pejabat Struktural Lemhannas RI.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Mantan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Marsetio, Rektor Universitas Sumatra Utara Prof. Dr. Muryanto Amin, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Bapak Haryadi, Bapak Makmur Keliat, Bapak Iis Gindarsah, Ibu Dizar Sabana, dan Ibu Indah Lestari.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto beserta rombongan melakukan Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749