Peringati Hari Jadi Ke-58, Lemhannas Pertahankan Warna Lembayung

Press Release

Nomor  : PR/ 18 /V/2023

Tanggal: 20 Mei 2023

Jakarta – Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) pada hari jadinya yang ke-58 berupaya untuk terus mempertahankan warna lembayung, tradisi, dan simbol Lemhannas, yakni bunga seroja. Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyampaikan bahwa makna warna lembayung merupakan karakter kepemimpinan yang diinginkan oleh Presiden Ir. Soekarno saat membentuk Lemhannas.

“… itulah karakter kepemimpinan yang diinginkan oleh Bung Karno, lembayung. Arti dari warna lembayung yang dipesankan kepada Lemhannas di tahun 1965 yang tetap relevan, semakin relevan sekarang adalah ketenangan dalam bertindak,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran 58 Buku di Ruang Dwi Warna Purwa, Lemhannas pada Sabtu (20/05/2023).

Pada sambutannya, Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan pesan Bung Karno saat mendirikan Lemhannas 58 tahun yang lalu. Bung Karno berpesan agar Lemhannas RI dapat berkembang menjadi sekolah geopolitik dan bisa mempersiapkan calon-calon kepemimpinan nasional yang mampu memahami arti dari pertarungan geopolitik dan pengaruhnya terhadap Indonesia.

Kemudian, seperti yang disampaikan oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia, Prof (H.C) Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri bahwa dibentuknya Lemhannas juga agar seluruh rakyat bersatu padu melindungi Negara Republik Indonesia.

“Itulah untuk apa ada Lemhannas, untuk semua bersatu padu melindungi Negara Republik Indonesia,” kata Presiden ke-5 Republik Indonesia, Prof (H.C) Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan.

Peluncuran 58 Buku ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-58 Lemhannas RI. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan sebagai tantangan untuk Lemhannas RI setiap tahunnya.

“Setiap tahun kami menantang diri kami untuk meluncurkan buku sejumlah angka ulang tahunnya,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Lima puluh delapan buku yang diluncurkan merupakan karya Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Dosen Universitas Pertahanan Dr. Ir. Hasto Kristianto, M.M., para tenaga ahli Lemhannas, alumni Program Pendidikan Reguler, Program Pendidikan SIngkat, Pelatihan untuk Pelatih, dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas.

Selain Presiden ke-5 Republik Indonesia Prof. (H.C.) Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri, yang juga putri Presiden Ir. Soekarno, turut hadir pada peluncuran 58 buku ini, Ketua MPR RI Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A.; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P.; Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir. Arifin Tasrif; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas; Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA.; Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali; Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto; Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, S.H., M.H.; dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Periode Tahun 2012-2014 Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan sambutan pada Peluncuran 58 Buku dalam Rangka Memperingati Hari Jadi ke-58 Lemhanans RI

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749