PPRA 65 Lemhannas RI Laksanakan Studi Strategis ke Provinsi Jawa Tengah

Press Release

Nomor  : PR/ 11 / III / 2023

Tanggal:  28 Maret 2023

Jakarta- Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 31 Maret 2023.

 

Salah satu objek kunjungan SSDN PPRA 65 Lemhannas RI di Jawa Tengah adalah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada Senin (27/03/2023) dan diterima oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah memaparkan sejumlah materi mengenai pelayanan pemerintah untuk masyarakat, seperti mal pelayanan publik (MPP) yang kini telah berdiri 28 MPP di seluruh Jawa Tengah dan menjadi daerah dengan MPP terbanyak se-Indonesia.

 

Gubernur Jawa Tengah mengatakan relasi antara pemerintah dengan warganya harus berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu untuk mempermudah penyampaian aspirasi dan memperbaiki kualitas pemerintahan suatu daerah.

 

Oleh sebab itu, peserta SSDN PPRA 65 Lemhanas RI diharapkan dapat menyerap seluruh potensi-potensi yang ada di Jawa Tengah, agar dapat dijadikan rekomendasi untuk pengambilan kebijakan dan regulasi.

 

Pada kesempatan itu, Pimpinan Rombongan SSDN PPRA 65 Lemhannas RI Mayjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menerima kunjungan peserta Lemhannas RI dan berharap para peserta PPRA 65 dapat mengetahui tata kelola pemerintahan serta permasalahan yang dihadapi daerah.

 

“Lemhannas RI telah memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola dan permasalahan yang dihadapi, sehingga para peserta bisa memiliki gambaran tentang tata kelola pemerintah daerah dan kaitannya dengan Ketahanan nasional,” kata Mayjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M.

 

Selain Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, para peserta juga mengunjungi 10 objek kunjungan, antara lain, Kodam IV/Diponegoro, Polda Jawa Tengah, Pemerintah Kota Surakarta, Polres Semarang, Universitas Sebelas Maret, Kawasan Industri Kendal (KIK), PT Sritex, Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, serta Kampung Batik Kauman.

 

SSDN ke Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 25 peserta PPRA 65 dan didampingi oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Tenaga Profesional Bidang Geografi Lemhannas RI Dr. Sukendra Martha, M.Sc., M.App.Sc., beserta staf Lemhannas RI.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta mendapatkan tambahan wawasan dan pengalaman yang lebih komprehensif baik secara teoritis maupun praktek. Selain itu diharapkan juga memperoleh data dan informasi yang obyektif sesuai penugasannya, serta dapat menganalisis secara tepat kondisi wilayah daerah Provinsi Sulawesi Utara.

 

SSDN PPRA 65 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Jambi dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPRA 65 saat melaksanakan SSDN ke Provinsi Jawa Tengah.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749