Gubernur Lemhannas RI: Pemimpin Nasional Wajib Memegang Tiga Pilar

Press Release

Nomor  : PR/03/I/2023

Tanggal:  31 Januari 2023

Jakarta – Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto meminta peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Lemhannas RI menjadi pemimpin nasional yang memegang tiga pilar usai menjalani pendidikan, yakni berbasis kebangsaan, memiliki wawasan geopolitik, dan berpikir strategis.

 

“Tolong dipegang tiga pilar itu, karena itulah yang akan menjadi kebanggaan saya nanti di bulan Agustus saat Saya mewisuda Ibu Bapak sebagai pemimpin nasional,” kata Andi Widjajanto saat memberikan sambutan pada Pembukaan PPRA 65 di Lemhannas RI pada Selasa (31/01).

 

Tiga pilar tersebut merupakan arahan khusus Presiden RI Joko Widodo dalam penyiapan pemimpin nasional.

 

Gubernur Lemhannas RI menyebutkan pilar pertama yang perlu dimiliki adalah berbasis kebangsaan. Pemimpin nasional yang menyadari prinsip-prinsip kebangsaan akan membawa Indonesia kembali berpegang kepada Pancasila.

 

Pilar kedua adalah memiliki wawasan geopolitik yang kuat, sesuai mandat Presiden Soekarno ketika mendirikan Lemhannas RI. Pemimpin nasional harus paham tentang pertarungan negara-negara besar, baik konsekuensinya maupun cara Indonesia memperkuat ketahanan nasional untuk bisa bernavigasi ketika pertarungan itu terjadi.

 

Selanjutnya pilar ketiga adalah mencetak pemimpin nasional yang mampu memikirkan ratusan langkah strategis. “Menyadari pengalaman-pengalaman sejarah secara ekonomi politik yang terjadi selama ini dan kemudian menggunakan itu untuk mencari proyeksi ke depan, menawarkan langkah-langkah strategis, menawarkan peta jalan untuk Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045,” kata Gubernur Lemhannas RI.

 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lemhannas RI juga menyebutkan tiga misi utama Lemhannas RI, yakni Pancasila, geopolitik, dan proyeksi 2045.

 

“Selama 7 bulan, 3 (hal) itu yang akan bolak-balik kami tekankan, sehingga Ibu Bapak siap untuk mengemban tanggung jawab baru sebagai pemimpin di instansi masing-masing dan suatu saat akan menawarkan terobosan-terobosan yang harus dilakukan Indonesia untuk berjalan 10 sampai 20 tahun ke depan,” kata Gubernur Lemhannas RI.

 

Adapun pembukaan PPRA 65 Lemhannas RI akan dilaksanakan selama tujuh bulan, mulai hari Selasa, 31 Januari sampai dengan 29 Agustus 2023 dengan jumlah peserta seratus orang yang berasal dari TNI, Polri, Lembaga Negara, Kementerian, Pemerintah Provinsi, Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Badan Usaha, dan Mancanegara.

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Pembukaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Tahun 2023 Lemhannas RI

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749