Dunia Bersiap Hadapi Tiga Krisis

Press Release

Nomor  : PR/  58   / X /2022

Tanggal: 11 Oktober 2022

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo pada Hari Ulang Tahun ke-77 TNI menyebutkan dunia tengah bersiap untuk menghadapi tiga krisis, yakni krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial secara simultan. “Tiga krisis yang terjadi secara simultan dibarengi dengan adanya kemungkinan eskalasi perang,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan sambutan Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI pada Selasa, (11/10/2022).

 

Globalisasi seharusnya tersambung dengan konektivitas dan rantai pasok global, namun, terlihat ada patahan. Patahan yang menjelma menjadi tiga krisis secara simultan pangan, energi, dan kemudian kemungkinan finansial.

 

Gubernur Lemhannas menggabungkan dua variabel, yaitu global dan nasional. Variabel global yaitu ada patahan global, Global R (Resesi), dan tarung global. Kemudian, jika tidak hati-hati, ekonomi 4.0 yang sedang dirancang oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto tidak akan terjadi. “Kita kembali ke Ekonomi 2.0, bahkan tidak 3, kembali ekonomi 2.0 yang intinya mengandalkan ekspor komoditas,” kata Gubernur Lemhannas.

 

Sedangkan, ekspor komoditas ada batasnya karena pada saat volatilitas, harga sangat tergantung dari ekonomi dunia. Kemudian Indonesia memiliki kerawanan strategis, sehingga perlu berhati-hati terhadap regreasi demokrasi, terutama menuju pemilu 2024.

 

Kerawanan strategis yang terjadi di Indonesia masih bisa dikendalikan dan diprediksi titik kerawanan selanjutnya. Sedangkan cara menghentikan tarung global Amerika Serikat dengan Tiongkok maupun Amerika Serikat dengan Rusia masih belum bisa diprediksi.

 

Beda halnya dengan global recession, bisa langsung fokus ke lembaga-lembaga keuangan multinasional. “Hari ini tampaknya semuanya menumpuk, pemulihan pandemi belum selesai, tiba-tiba ada disrupsi rantai pasok, lalu ada perang, memunculkan (krisis) pangan, memunculkan (krisis) energi, ada krisis finansial,” kata Gubernur Lemhannas

 

Sependapat dengan Gubernur Lemhannas, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebutkan proyeksi pertumbuhan global di revisi ke bawah karena inflasi yang tinggi akibat harga komoditas, pengetatan kebijakan moneter, volatilitas pasar keuangan terutama negara-negara berkembang yang disebabkan oleh perang antara Rusia dan Ukraina.

 

Kondisi ini sering disebut sebagai The Perfect Storm atau tantangan 5C, antara lain, Covid-19 yang belum selesai, Conflict Ukraine, Climate Change, Comodity Price, serta Cost of Living yang berakibat pada inflasi.

 

“Akibat kondisi global tersebut, dua komoditas mengalami krisis, yaitu pangan dan energi,” kata Menko Airlangga.

 

Meski demikian, Gubernur Lemhannas optimis bahwa dunia akan rasional. “Tadi Prof. Ari menunjukkan beberapa model-model ekonomi, tentang game theory, tentang equilibrium dan seterusnya. Semua model-model tersebut pondasinya asumsinya cuma satu, manusia rasional,” jelas Gubernur Lemhannas.

 

Adapun Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI dilaksanakan secara hibrida di Auditorium Gadjah Mada Lemhannas RI pada Selasa, 11 Oktober 2022 dengan menampilkan dua pidato kunci dan dua narasumber, yakni Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A. Ph.D.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Gubernur Lemhannas RI periode 2011—2016 Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, C.E.S., D.E.A., Duta Besar Indonesia untuk Negara Filipina dan Gubernur Lemhannas RI periode 2016—2022 Letnan Jenderal TNI Agus Widjojo, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Plt. Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., beserta para pejabat Lemhannas RI.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI di Auditorium Gadjah Mada.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749