Cetak

Laut, Jalur Penting Perdagangan

Press Release

Nomor  : PR/ 54 /VIII/2022

Tanggal : 25 Agustus 2022

Jakarta- Wilayah maritim berperan sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, kestabilan politik, dan kemampuan strategis di Asia Pasifik. Apalagi komoditas perdagangan termasuk energy berlangsung di lautan, sehingga laut menjadi jalur yang sangat penting untuk perdagangan. Indonesia lebih memahami hal ini dibandingkan negara lain sebagai negara kepulauan

“Indonesia lebih memahami dari kebanyakan negara karena Indonesia adalah negara kepulauan. Tetapi dunia mungkin tidak cukup memahami pentingnya lautan secara strategi,” kata The CEO of Geopolitical Risk Consultancy the Cognoscenti, Dr. Alan Dupont saat menjadi pembicara The 6th Jakarta Geopolitical Forum “Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability” di Grand Studio Metro TV pada Kamis, (25/08).

Menurut Dupont, ketika kekuatan ekonomi Asia mengalami pertumbuhan, maka bidang perdagangan juga akan mengalami pertumbuhan dan sebagian besar berlangsung di lautan, bukan daratan.

Perkembangan menarik lain yang terjadi selama 34 tahun terakhir memperlihatkan bahwa, lautan mengandung banyak sumber daya bernilai di dasar laut yang ingin dieksploitasi oleh beberapa negara untuk mengembangkan ekonominya.

Permasalahannya adalah banyak perbatasan di laut yang belum ditetapkan secara jelas, karena banyak perbatasan daratan dan pesisir yang masih mengalami perselisihan.

“Artinya, jika negara bisa menegaskan kendali atas wilayah di darat, negara juga bisa mengklaim banyak sumber daya di bawah laut,” kata Dupont.

Dupont menilai, ketika suatu negara memasuki konflik teritorial, maka harus memahami bahwa bukan hanya tentang wilayahnya saja, tetapi juga penguasaan sumber dayanya. Sehingga sumber daya dan wilayah tidak dapat dipisahkan ke dalam mosaik status ekonomi dan sejarah politik.

“Saya pikir, tidak banyak orang di luar wilayah ini cukup memahami bahwa dunia telah berubah secara ekonomi,” kata Dupont.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI