Kunjungan Amerika Serikat ke Taiwan, Tingkatkan Ketegangan Global

Press Release

Nomor  : PR/ 48 /VIII/2022

Tanggal : 24 Agustus 2022

Jakarta- Dua minggu lalu, telah terjadi konflik di wilayah Taiwan yang nyaris menimbulkan perang akibat kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan. Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menilai hal tersebut membuat ketegangan global meningkat.

“Ketegangannya meningkat karena ada kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Pelosi ke Taiwan, di sini kita bisa membaca apa yang disebut sebagai Core Interest atau Vital Interest, kepentingan inti, kepentingan vital dari kedua Negara,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat menjadi pembicara The 6th Jakarta Geopolitical Forum “Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability” di Grand Studio Metro TV pada Rabu, (24/08).

Saat ini, dampak kepentingan vital bagi China adalah tidak ada yang memprovokasi untuk mengubah status quo Taiwan. Kemudian, Amerika Serikat juga mementingkan unifikasi China-Taiwan berjalan sesuai dengan fase-fase natural tanpa paksaan tekanan politik militer, sekaligus untuk mendapatkan kebebasan navigasi atau freedom of navigation.

Menurut Gubernur Andi, ketika kunjungan itu terjadi, lalu China melakukan latihan militer di sekitar wilayah Taiwan, maka terdapat gangguan pada dua kepentingan tersebut. “Yang pertama, tentang taiwan yang status quo yang tiba-tiba ada tekanan-tekanan politik militernya, ada provokasi-provokasi politik militernya, nah, pada saat latihan militer itu dilakukan, kebebasan navigasi juga terganggu,” kata Gubernur Andi.

Hal tersebut membuat kapal-kapal dari Jepang dan Korea Selatan tidak bisa melewati median line antara China dan Taiwan, sehingga harus memutar ke sebelah timur Taiwan. Ini yang menyebabkan terganggunya pasokan dan rantai distribusi global.

“Rantai distribusi tiba-tiba bertambah panjang sekian puluh nautical mile karena adanya latihan-latihan militer tersebut. Menambah panjang sekian puluh nautical mile dalam waktu dua minggu. Nah itu sangat berpengaruh dengan naiknya harga logistik yang sudah tinggi,” lanjut Gubernur Andi.

Kejadian tersebut menjadi sangat dekat dengan kepentingan ekonomi Indonesia, terutama dalam hal menjaga inflasi dan mempertahankan daya beli masyarakat yang sangat bergantung pada sejumlah komoditas pangan dan energi global.

Sependapat dengan Gubernur Andi, Research Fellow at the S. Rajaratnam School of International Studies dari Singapura, Dr. Collin Koh Swee Lean menyebutkan bahwa banyak orang menilai kejadian tersebut merupakan krisis selat Taiwan keempat dengan skala yang belum pernah terjadi, jika dibandingkan konflik tahun 90-an.

“Saya melihat konflik ini membawa daerah tersebut menuju konflik skala global di Taiwan Strait,” kata Dr. Collin Koh.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Gubernur Andi Widjajanto saat menjadi pembicara the 6th Jakarta Geopolitical Forum dengan tema “Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability”.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749