Cetak

Buku Tentang Agus Widjojo Akan Diluncurkan di Lemhannas

Press Release

Nomor  : PR/I/VIII/202I

Tanggal : 24 Agustus 2021

Lemhannas RI, Jakarta – Buku tentang kehidupan dan pemikiran Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo akan diluncurkan di Lemhannas RI pada Kamis, 25 Agustus 2021 mendatang. Buku berjudul Tentara Kok Mikir: Inspirasi Out of the Box Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo membahas berbagai dimensi Agus Widjojo, mulai dari kehidupannya di masa kecil, kepribadian dan pertemanannya, kiprahnya semasa di dunia militer, juga persentuhannya dengan masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang hubungan keduanya di masa Orde Baru ibarat minyak dan air. Dalam buku ini juga dibahas pemikiran-pemikiran Agus Widjojo mengenai dunia militer dalam bahasa yang sangat sederhana.

Judul “Tentara Kok Mikir” sangat menggelitik pembaca, karena selama ini muncul anggapan, seorang prajurit cukup ikuti perintah dan tidak perlu berpikir. Berseberangan dengan itu, Agus Widjojo adalah seorang jenderal yang melampaui zamannya. Ia sosok intelektual militer dan pendidik yang ikut menyusun konsep monumental   Reformasi TNI. “Menjadi orang cerdas dan berpikir melampaui zaman kadang punya konsekuensi. Ia harus terbiasa berbenturan dengan banyak orang karena gagasannya sulit diterima dan dimengerti orang lain.”

Beberapa peristiwa yang diangkat dalam buku ini adalah ketika TNI tengah menjalani ujian sejarah di antara pilihan menjadi TNI Profesional atau menjalankan Dwifungsi ABRI, gagasan reformasi Komando Teritorial, serta keterlibatan Agus Widjojo sebagai anggota Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) RI-Timor Leste yang menangani dugaan pelanggaran HAM Indonesia di Timor Timur. Selain itu juga dituturkan pandangan Agus Widjojo soal tuduhan kepada dirinya sebagai sosok yang “Terlalu Amerika” atau “Komunis” dan pemikirannya tentang dasar-dasar teknis perang tentara Indonesia.

Buku ini lebih memberi ruang pada sisi humanis, keluarga, kemiliteran, dunia LSM, serta aktivitas organisasi Agus Widjojo. Buku Tentara Kok Mikir ditulis oleh Bernarda Rurit  disunting oleh Nugroho Dewanto dan diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.

Sejumlah teman seangkatan Agus Widjojo di AKABRI 1970 akan menghadiri peluncuran buku ini, antara lain Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Mantan Duta Besar RI untuk Filipina Letnan Jenderal TNI (Purn) Johny Josephus Lumintang. Hadir pula teman sebangku Agus semasa sekolah, Mantan Wakil Ketua Badan Intelijen Strategis TNI-AD Mayjen TNI (Purn) Tulus Sihombing. Adapun Mantan Menteri Luar Negeri RI, Dr. Hassan Wirajuda, serta Mantan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan hadir secara daring. Peluncuran buku yang dilaksanakan pukul 16.15 sampai 18.30 WIB ini akan dimoderatori oleh Glory Ojong dengan menghadirkan narasumber aktivis Dimas Oky Nugroho dan Wapemred Harian Kompas Tri Agung Kristanto.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI