Meski Sebabkan Krisis, Pandemi Covid-19 Berpeluang Majukan Pendidikan Berbasis Teknologi

Press Release

Nomor  : PR/3/VII/2021

Tanggal :   6 Juli 2021

Jakarta –  Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak krisis bagi berbagai sektor di masyarakat. Pandemi ini telah mendisrupsi cara hidup individu, masyarakat, dan bangsa. “Pandemi Covid-19 juga memberikan pelajaran bagi kita semua untuk beradaptasi dan bertransformasi diri dari kehidupan yang business as usual menuju tatanan dan cara hidup yang baru,” kata Wakil  Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin  saat Kuliah Umum pada Peserta PPRA 62  dan PPSA 23 secara daring (6/7).

Dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan ini, bangsa Indonesia terus berinovasi dan melahirkan kreativitas untuk melalui krisis ini. “Kita semua menyaksikan berbagai inovasi, kreativitas, praktek-praktek terbaik, dan cara-cara baru yang berkembang begitu cepat sebagai bagian dari upaya untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini,” lanjut K.H. Ma’ruf Amin.

Untuk itu, pandemi ini berpeluang untuk memajukan dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. “Pendidikan adalah masa depan suatu bangsa. Pandemi Covid-19 banyak menimbulkan ancaman dunia pendidikan. Dari sudut pandang lain, ancaman dapat diubah menjadi peluang memajukan dunia pendidikan,” kata Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Faktor terpenting untuk mempercepat transformasi teknologi pendidikan adalah dukungan pemangku kepentingan pendidikan yang berani untuk melek teknologi. “Lahirnya sistem berbasis teknologi tentunya membutuhkan institusi pendidikan, guru, siswa bahkan orang tua untuk melek teknologi,” ujar Agus.

Pandemi ini juga menjadi kesempatan bagi para siswa untuk mengaplikasikan ilmu di tengah-tengah keluarganya ketika sekolah-sekolah ditutup. “Baik itu sekedar membuka diskusi kecil atau dengan mengajarkan ilmu yang didapat kepada keluarga,” kata Agus melanjutkan.

Ilmu yang diterapkan oleh peserta pendidikan secara langsung akan berpengaruh tidak hanya bagi yang mengaplikasikannya tetapi juga bagi yang menerimanya. Kedekatan siswa dengan keluarga saat pandemi baik secara koginitif maupun psikologis sangat berarti dalam meningkatkan prestasi siswa. “Para ahli meyakini bahwa peran orang tua dalam kehidupan seorang anak berdampak luas dan dengan pengawasan orang tua anak akan mudah untuk memantau perkembangannya secara langsung,” kata Agus melanjutkan.

Sejak ditetapkannya bencana nasional sejak Maret 2020, Pandemi Covid-19 telah mewabah dengan sebaran hampir di semua daerah walaupun sudah sebagian dari masyarakat melaksanakan vaksin dan menimbulkan krisis multidimensi. Krisis ini berpengaruh terhadap kesejahteraan, kesehatan, serta meningkatnya kerawanan sosial.

“Kondisi ini tentu saja mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, kesehatan, kerawanan sosial dan sebagainya. hal ini harus segera ditangani, agar masyarakat menjadi lebih kuat dan tahan dalam menghadapi pandemi yang belum tahu kapan dapat diatasi secara tuntas,” pungkas Agus.  

Pembekalan dan kuliah umum oleh Wakil  Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin  secara daring diikuti oleh Peserta PPRA 62 berjumlah 80 orang dan PPSA 23 berjumlah 60 orang  dari tempat masing-masing. Saran yang diajukan kepada Wapres RI ini sesuai dengan tema seminar yang dilaksanakan oleh PPRA 62 yang mengangkat tema “Tantangan Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Penyelesaian Covid-19” dan PPSA 23 dengan mengangkat tema “Pandemi Covid-19 terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia”

Sebelumnya, kegiatan dibuka dengan laporan Gubernur Lemhannas RI tentang sistem pelaksanaan pendidikan PPRA 62 dan PPSA 23 selama pandemi Covid-19. Kemudian dilanjutkan pembekalan atau kuliah umum dari Wakil Presiden RI.

Kuliah umum tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., dan perwakilan pejabat Lemhannas RI dan undangan dari kementerian/lembaga secara daring.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749