K.H. Ma’ruf Amin Berikan Kuliah Umum pada Peserta PPSA dan PPRA Lemhannas RI

Press Release

Nomor   : PR / 1 / VII / 2021

Tanggal :   6 Juli 2021

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin berikan kuliah umum secara daring kepada  peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 23 Lemhannas RI dari Kediaman Wapres pada Selasa (6/7).

 

Kuliah umum ini mengangkat tema “Tantangan Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Penyelesaian Covid-19” dan “Pandemi Covid-19 terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia”. Peserta PPRA 62 berjumlah 80 orang dan PPSA 23 berjumlah 60 orang mengikuti kuliah dari tempat masing-masing.

Pandemi Covid-19 yang mulai merebak sejak awal tahun 2020, hingga saat ini masih menjadi masalah global yang memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan. “Seluruh negara berupaya keras untuk mencari solusi pencegahan dan penyembuhannya,” kata Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin. Menurutnya, dampak yang terjadi harus segera ditangani dengan baik guna mengendalikan akibat buruk dari pandemi Covid-19.

Pemerintah sejak tahun 2020 telah mengambil berbagai kebijakan extraordinary untuk mengatasi masalah kesehatan serta dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Fokus dan prioritas APBN pun diarahkan sepenuhnya untuk keperluan tersebut.

“Upaya yang dilakukan dalam mengelola krisis akibat pandemi Covid-19 menunjukkan hal positif dan memberikan harapan pemulihan. Namun, pemerintah tetap mewaspadai terjadinya eskalasi kasus Covid-19 yang dikhawatirkan dapat mendorong kembali restriksi mobilitas masyarakat yang akan berdampak pada laju pemulihan ekonomi,” kata Ma’ruf Amin di hadapan peserta PPRA dan PPSA.

Untuk itu, Ma’ruf menjelaskan bahwa pemerintah sedang menghitung kembali kemungkinan dibutuhkannya tambahan anggaran untuk program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dalam rangka menjaga daya beli, mendorong perekonomian serta penanganan kesehatan. Termasuk melalui kebijakan refocusing atau realokasi kembali belanja pemerintah.

Sejalan dengan upaya pemulihan PEN, pemerintah juga melaksanakan program perlindungan sosial, ketenagakerjaan, serta dukungan bagi UMKM.  Selain itu, salah satu prioritas nasional untuk mencapai indonesia maju adalah pembangunan sdm unggul, yaitu sdm yang sehat, cerdas, berdaya saing, produktif, berarakter mulia, dan juga setia kepada NKRI.

“Berbagai upaya penanggulangan wabah Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional hanya akan efektif apabila didukung kerja sama yang baik oleh semua elemen bangsa,” kata Ma’ruf

Sebelumnya, kegiatan dibuka dengan laporan Gubernur Lemhannas RI tentang pelaksanaan pendidikan PPRA 62 dan PPSA 23 selama pandemi Covid-19. Kemudian dilanjutkan pembekalan atau kuliah umum dari Wakil Presiden RI.

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo berharap Kuliah Umum yang diberikan oleh Wapres RI dapat menambah wawasan bagi peserta PPRA dan PPSA.

Kuliah umum tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., dan perwakilan pejabat Lemhannas RI secara daring.

 

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id 

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749