Lemhannas RI: Di Tengah Globalisasi, Pancasila Harus Membumi

Press Release

Nomor  : PR/ 4/VI/2021

Tanggal :   2 Juni 2021

Jakarta – Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sampaikan Pancasila di tengah arus globalisasi harus membumi. “Pancasila di tengah arus globalisasi ini harus ‘menginjak bumi’ agar maknanya lebih mendalam,” lanjut Agus di depan 900 pemuda peserta Seminar Gebyar Wawasan Kebangsaan #GueCintaPancasila secara daring di Jakarta, Rabu (2/6).

“Membumikan Pancasila adalah tantangan ke depan menghadapi generasi milenial ke bawah yang lebih mengenal gadget ketimbang pada era-era sebelumnya,” kata Agus di sela-sela diskusi. Pemuda saat ini dihadapkan dengan kondisi bahwa korupsi di negeri kita masih di urutan terakhir. “Era dulu di mana semua siswa wajib menghafal Pancasila, UUD 1945, menyanyikan lagu kebangsaan, era di mana nilai-nilai kebangsaan yang dulu sudah digaungkan. Kenyataannya, Indonesia sampai di usia 75 tahun ini masih belum beranjak menjadi negara maju,” kata purnawirawan perwira tinggi  Angkatan Darat tersebut.

Lemhannas melihat bahwa masyarakat Indonesia kian jauh memaknai Pancasila secara utuh utamanya di era digital teknologi. “Bahkan yang paling mendasar, menghafal lima sila Pancasila pun banyak yang kesulitan. Kalau mereka saja tidak tahu isi Pancasila, bagaimana memaknainya dalam kehidupan sehari-hari?” kata Agus.

Derasnya arus globalisasi rentan merusak jati diri bangsa, jika tidak disaring melalui literasi media. Informasi yang tidak valid, tentu  mudah merasuk sendi-sendi kehidupan.  Akibatnya, informasi yang tidak benar atau disebut hoax, akan mencemari  kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini jika kita menelan mentah-mentah informasi media sosial atau internet, tanpa menyaringnya dengan bijaksana.

Nilai-nilai Pancasila sebagai penyaring dan penjaga kepribadian bangsa harusnya bisa membendung arus globalisasi itu. Untuk itulah perlu kembali menggaungkan di semua lini pemerintahan. Terlebih lagi, pengguna digital saat ini didominasi generasi milenial, yang kelak menjadi penerus bangsa. Tentu, filter-filter bernama nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan untuk generasi penerus bangsa ini.

Untuk mendekatkan Pancasila dengan generasi milenial, Lemhannas RI membuat acara Gebyar Wawasan Kebangsaan. Acara dilaksanakan untuk memperingati hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lemhannas RI sabagai sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial dan masyarakat secara luas.

Lemhannas mengajak sekitar 900 peserta orang anak-anak milenial yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka diajak berbincang dengan Gubernur Lemhannas dan nara sumber lain untuk mengetahui lebih dekat keinginan generasi milenial terhadap Pancasila. Peserta yang kebanyakan pemuda dan perwakilan komunitas masyarakat dari seluruh Indonesia diharapkan menjadi agen-agen penggerak perubahan bagi para generasi millennial. Tujuannya meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang lebih baik agar berkarya bagi Indonesia.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749