Upaya Menjawab Permasalahan Penurunan Indeks Ketahanan Nasional

Rabu (28/1), Gubernur Lemhannas RI mengatakan dalam sambutannya di Ruang Gatot Kaca Lt.III Gd. Astagatra, dalam upaya mewujudkan Lemhannas RI sebagai world class institution telah dilakukan pembenahan-pembenahan komphrehensif secara konsisten. Upaya tersebut diarahkan peningkatan kapasitas dan kualitas organisasi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasaranan, hingga pembangunan infrastruktur kerja berbasis teknologi informasi (e-office, elibrary, e-procurement, Laboratorium Kepemimpinan Nasional/LABPIMNAS serta Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional/LABKURTANNAS).

 

Labkurtannas sebagai salah satu fasilitating unit di lemhannas memiliki tugas utama. Pertama mengembangkan sistem pengukuran ketahanan nasional di daerah serta simulasi kebijakan publik, kedua menghasilkan potret ketahanan nasional di daerah serta menemukan penyebab utama melalui analisis hubungan kausalitas yang dibangun.

 

Hasil temuan Labkurtannas yang menunjukkan penurunan indeks ketahanan nasional pada tahun 2015 dari tahun 2014 pada empat gatra (geografi, ideologi, politik, dan ekonomi). Di sisi lain gatra sosial dan budaya juga masih berada pada posisi kurang tangguh dan mempunyai indeks ketahanan yang paling rendah dibandingkan dengan gatra-gatra lainnya.

 

Penurunan indeks ketahanan nasional dan belum tuntasnya penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang berpotensi menurunnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, meski pemerintah telah melakukan upaya dan langkah yang sungguh-sungguh untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

 

Narasumber yang dihadirkan kali ini Badan Pusat Statistik (BPS) Dr. K. Suharriyanto, Direktur Institute for Development of Economic and Finance (Indef)  Dr. Enny Sri Hartati, Wakil Gubernur Marsdya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M., Sekretaris Utama Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH  setelah itu ditanggapi oleh Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Nasir Majid, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Prof. Dr. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr, dan Deputi Pemantapan Nilai - Nilai Kebangsaan Laksda TNI Ir. Yuhastihar.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749