IKIP Veteran Semarang Belajar Kebangsaan ke Lemhannas RI

Lemhannas RI berkesempatan menerima kunjungan rombongan mahasiswa Program Pendidikan PKn Fakultas Pendidikan IPS (FPIPS) IKIP Veteran Semarang, Selasa (01/03). Menurut Ketua Jurusan PPKn FPIPS IKIP Veteran Semarang Drs. Agustinus Sutriyanto Hadi, M.Si selaku ketua rombongan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan calon pendidik (calon guru) PPKn agar paham betul tentang wawasan kebangsaan, nasionalisme, demokrasi, dan hak asasi manusia.

 

Pihak Lemhannas RI, yang diwakili Kepala Biro Humas Laksma TNI E. Estu Prabowo, M.Sc menyambut baik kegiatan ini. “Nantinya, para calon guru yang berkunjung ini mempunyai peran penting dalam mendidik anak bangsa dan memupuk rasa cinta tanah air kepada para anak didiknya”, ujar Estu Prabowo.

 

Selain pengenalan mengenai kelembagaan Lemhannas RI, para peserta kunjungan juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai masalah kebangsaan dan ketatanegaraan. Brigjen TNI (Purn) A. R. Wetik, M.Sc selaku pemateri dan pemimpin diskusi, membahas tentang Pancasila, UUD 1945, dan isu-isu kontemporer lainnya.

 

Menurut Wetik, Pancasila lahir dari budaya bangsa Indonesia dan mimpi generasi terdahulu (founding fathers) tentang wujud kebangsaan Indonesia, sementara UUD 1945 adalah cita hukum bangsa dalam mewujudkan masyarakat seperti yang dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945. Meskipun Indonesia mempunyai sistem ketatanegaraan dan kebangsaan yang sudah dibuat oleh founding fathers, bukan berarti sistem tersebut tidak terdapat kelemahan.  Di situlah amandemen terhadap UUD berperan dalam perbaikan sistem ketatanegaraan Indonesia.

 

Selain isu ketatanegaraan, kegiatan diskusi dalam kunjungan ini juga membahas masalah kebangsaan kontemporer seperti terorisme, hak asasi manusia, sejarah Indonesia, dan kepemimpinan nasional



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749