Cetak

Kaji Optimalisasi Pengelolaan ALKI, Lemhannas Kunjungi Ambon

Dalam rangka melakukan pendalaman kajian jangka panjang tentang optimalisasi pengelolaan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), Kedeputian Pengkajian Strategik Lemhannas RI menyelenggarakan serangkaian kegiatan diskusi di Ambon Maluku. Rombongan tim pengkaji yang diketuai oleh Deputi Pengkajian Strategik (Dejianstrat) Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr. ini memulai rangkaian kegiatan dan kunjungannya sejak Senin (11/4) dan dijadwal berlangsung selama dua hari.

 

Sebelum melakukan pendalaman kajian jangka panjang, Deputi Jianstrat dan tim pengkaji Lemhannas RI diantaranya Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas RI Dr. A. Yani Antariksa, S.H., M.M., M.B.A., Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Diplomasi Lemhannas RI Marsda TNI Ir. Beng Tardjani, M.Sc., Dirjian Internasional Agus Budijarto, S.H., M.Hum dan Karo Humas Laksma TNI E. Estu Prabowo, M,Sc. melakukan courtesy call  dengan Gubernur Provinsi Maluku, Ir. Said Assagaff.

 

Kegiatan pendalaman kajian diawali dengan kunjungan ke Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon. Dengan didampingi Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IX Ambon Kolonel Marinir Joko Supriyanto, tim pengkaji Lemhannas RI melakukan diskusi dan dialog dengan jajaran Lantamal dan perwakilan masyarakat maritim di kota Ambon. Kegiatan di Lantamal ini juga diselingi dengan acara pemberian tali asih kepada perwakilan masyarakat maritim.

 

 

Setelah mengunjungi Lantamal dan berdialog dengan masyarakat maritim kota Ambon, tim pengkaji Lemhannas RI kemudian berkunjung ke kampus Universitas Pattimura. Di sana, tim pengkaji melakukan diskusi dan dialog dengan Pembantu Rektor, Dekan, dan sejumlah dosen senior terkait kemaritiman nasional.

 

 

Pada hari selanjutnya, Selasa (12/4), kegiatan pendalaman kajian dilanjutkan dengan menggelar focus group discussion (FGD) tentang optimalisasi pengelolaan ALKI guna mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam rangka memperkokoh ketahanan nasional.

 

FGD ini diikuti oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, S.H., M.H., Kapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Ilham Salahudin, S.H., M. Hum, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, S.H., perwakilan Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Kejati Maluku, BIN Daerah Maluku dan Universitas Pattimura mengemukakan data dan analisis terkait ALKI khususnya di wilayah Maluku.