Cetak

Ashley J Roach Berikan Kuliah Umum di Lemhannas RI

Senin (2/5), Capt Ashley J Roach , US Navy (Ret) yang didampingi Atase Kebudayaan Amerika Serikat Karen P. Schinnerer mengunjungi Lemhannas RI untuk memberikan kuliah umum tentang legal perspective of the south China Sea Dispute di ruang Syailendra, Gd. Astagatra Lt. 3 Barat.

 

Sebelumnya Ashley J Roach, diterima Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo untuk melakukan Courtesy Call (CC) di ruang tamu pimpinan. Pada kuliah umumnya, Ashley J Roach mengangkat topik mengenai Isu Laut Cina Selatan (LCS) agar para peserta lebih memahami dan memperkaya wawasan sengketa Laut Cina Selatan dari perspektif Indonesia.

 

Cina sendiri merupakan salah satu negara yang mengklaim tentang keberadaan LCS. Pada wilayah tersebut, kini Cina fokus pada peningkatan ekonomi global dan kebebasan bernavigasi penerbangan udara meskipun ditentang oleh beberapa negara – negara yang bersengketa seperti Brunei, Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

 

Terkait hal tersebut, Ashley J Roach berpendapat bahwa negara – negara yang terlibat dalam sengketa LCS harus lebih fokus dalam berperan dan memposisikan diri dalam melakukan penyelesaian sengketa tersebut dengan damai.

 

Salah satu peserta yang mengikuti kuliah umum tersebut, menilai bahwa untuk menjaga kedamaian dan stabilitas kawasan tersebut, seharusnya negara – negara yang bersengketa harus bernegosiasi  dan segera menyelesaikan sengketa tersebut sesuai dengan hukum internasional dan fakta historisnya.

 

Dalam kuliah yang dimoderatori oleh Tenaga Pengkaji Bidang Sismenas Laksda TNI Untung Suropati tersebut, peserta yang hadir diantaranya adalah Tenaga Pengajar, Tenaga Pengkaji, Tenaga Profesional sebanyak 20 orang, Peserta PPRA LIV dan LV sebanyak 20 orang, Mahasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) 15 orang, Pejabat Struktural Kemenhan RI, Kemenelu RI, dan Bakamla sebanyak 6 orang.