Cetak

Mahasiswa UPI Bandung Mengunjungi Lemhannas RI

Rombongan Mahasiswa Protokol Prabu Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang berjumlah 36 orang berkesempatan mengunjungi  Lemhannas RI, pada Selasa (3/5) di Jakarta.

 

Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bagian Protokol dan Dokumentasi Biro Humas Settama Lemhannas RI Kolonel (KH) Drs. Hendrawan Setiadi, M.Si. di Ruang Syailendra, Gd. Astagatra Lt. 3 Barat.

 

Menurut Ketua Rombongan Protokol Prabu Siliwangi UPI Bandung , kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketahanan nasional. Selain itu, rombongan mahasiswa ini juga berkesempatan mengenal Lemhannas RI dan berdiskusi tentang sejarah bangsa, Pancasila, dan isu-isu ketahanan nasional dengan Tenaga Profesional Bidang Ketahanan Nasional Mayjen TNI (Purn) Lumban Sianipar, S.I.P selaku pemateri.

 

Terkait dengan ketahanan nasional, Lumban Sianipar menyampaikan bahwa ketahanan nasional harus dilihat berdasarkan dua pengertian sebagai kondisi dan konsepsi. Sebagai kondisi, ketahanan nasional bisa naik dan turun tergantung pembangunan nasional sedangkan sebagai konsepsi ini lebih menitikberatkan pada cara atau strategi kekuatan untuk membangun sebuah bangsa.

 

“Cara atau metode yang digunakan oleh generasi ke generasi berikutnya sangat berbeda karena situasi dan dinamika kehidupan yang cepat berubah. Namun demikian, yang tidak boleh berubah adalah tujuan untuk apa negara ini didirikan, inilah yang disebut dengan ketahanan nasional”, pungkas Lumban Sianipar.