Jelang HUT Ke-51, Lemhannas Gelar Forum Komunikasi dengan Pemred Media Massa

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Lemhannas RI pada 20 Mei mendatang, Biro Humas melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Lemhannas RI dengan Pemimpin Redaksi sejumlah media massa nasional, di Anjungan Trigatra, Rabu (18/5). Kegiatan yang merupakan agenda rutin Biro Humas ini diselenggarakan sekaligus sebagai sarana tatap muka Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, yang dilantik sebulan lalu, dengan awak media massa nasional.

 

Selain sebagai forum bertukar pikiran dan pandangan tentang isu dan dinamika kebangsaan nasional, Gubernur Lemhannas RI berharap pada forum ini awak media dapat memberikan masukan kepada Lemhannas. “Saya harapkan masukan dari rekan-rekan jurnalis kepada Lemhannas, terutama berkaitan dengan tugas Lemhannas RI sebagai lembaga pengkajian, topik-topik apa yang dapat dikaji Lemhannas RI nantinya untuk bisa diteruskan kepada pemerintah”, ujar Agus Widjojo.

 

Agus menambahkan, terkait pesan Presiden agar Lemhannas tidak hanya dirasakan di dalam ruang kelas saja; Lemhannas akan memaksimalkan peran dan sumber dayanya untuk menjangkau ke daerah-daerah di seluruh Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

 

Sementara, perwakilan pemimpin redaksi, Putra Nababan dari Metro TV sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, perlu ada pertemuan rutin antara Lemhannas dengan dalam membahas isu-isu strategis. Karena selama ini, cara berpikir media cenderung berjangka pendek karena tenggat penerbitan berita, sementara cara berpikir Lemhannas RI cenderung strategis jangka panjang. Misalnya masa depan Indonesia, yang jarang dibahas media, telah dikaji Lemhannas dengan adanya Skenario Indonesia 2045 yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

 

“Kita (pers) selama ini selalu terlibat dalam isu-isu harian, isu-isu mingguan, isu-isu bulanan, kita jarang berpikir atau diajak berpikir tentang isu-isu strategis. Forum ini adalah forum yang sangat penting untuk itu”, ungkap Putra.

 

Selain dihadiri pemimpin redaksi dan perwakilan media massa nasional seperti Media Indonesia, Kompas, TV One, Anteve, LKBN Antara, RRI, Merdeka.com, Radio Elshinta, Harian Pelita, dan Republika; turut hadir pula perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Direktur Pengelolaan Media Publik Sunaryo, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Jauhari, Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Sekretaris Utama Lemhannas RI Suhardi Alius, serta beberapa pejabat struktural dan fungsional Lemhannas RI lainnya.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749