Cetak

Lemhannas RI Sukses Gelar Jakarta Geopolitical Forum 2017

Jakarta Geopolitical Forum (JGF) yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI resmi ditutup pada Kamis (28/9) siang. Closing ceremony yang dilaksanakan di Ruang Nusantara, Gedung Trigatra Lemhannas RI ini dihadiri oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan ditutup oleh Ketua Organizing Comittee JGF, Rosita S Noer. JGF merupakan forum seminar akademik internasional pertama, yang diselenggarakan tidak hanya di Jakarta, tetapi di beberapa negara-negara tetangga. Bertajuk ‘Geopolitics in a Changing World', JGF mengangkat sejumlah isu penting dalam konteks geopolitik, antara lain, perdamaian dan keamanan global, ekonomi, perubahan iklim, terorisme, ekstremisme, radikalisme, pencari suaka, dan migrasi

.

 

JGF dalam pelaksanaannya berjalan secara interaktif dan komprehensif. Diskusi yang dilakukan dinilai cukup berbobot, bermakna serta memberikan manfaat besar bagi kemajuan bangsa sekaligus mengangkat nama Indonesia dalam kancah pergaulan antar bangsa dalam lingkup regional maupun global. Selain itu JGF juga berhasil mendapatkan penghargaan dari dunia Internasional. Menurut Rosita S. Noer, keberhasilan JGF tidak hanya atas kerja keras bersama, namun atas kerja keras seluruh unit didalam kepanitiaan.

 

Kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian acara hari ulang tahun Lemhannas RI ke-52 ini diikuti oleh sejumlah tokoh pemerintahan tanah air serta komunitas akademik dan pakar dari berbagai belahan dunia, seperti Amerika Serikat, China, Rusia, Jepang, Inggris, Turki, Kanada, Australia, Austria, Singapura, Prancis, Mesir, PBB, dan Uni Eropa.