Menparekraf RI Beri Pembekalan Kolaborasi Pentahelix Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada SMANDEL Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A memberikan pembekalan kepada peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi SMANDEL Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023 Lemhannas RI bertempat di Ruang Pancasila, Gedung Trigatra, pada Jumat (26/5).

Pada kesempatan tersebut, materi yang dibawakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengangkat tema “Kolaborasi Pentahelix Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Rangka Menjaga Ketahanan Nasional”.

Mengawali paparannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan bahwa Indonesia menunjukkan pertumbuhan bisnis dan ekonomi yang pulih lebih cepat serta bangkit lebih kuat.

“Di tahun 2022 kebangkitan kita terlihat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang menunjukkan kinerja lebih berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Lebih lanjut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan proyeksi wisata tahun 2023 yang memberikan tantangan di tengah ketidakpastian global. Hal tersebut dikarenakan jumlah wisatawan baik mancanegara dan nusantara targetnya dinaikkan menjadi dua kali lipat.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI berharap agar tiap instansi maupun swasta dapat membuat kebijakan hari libur panjang agar dapat mengoptimalkan pergerakan wisatawan nusantara.

Kemudian, untuk bisa fokus menciptakan lapangan kerja khususnya pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif, perlu adanya kegiatan bisnis yang lebih terakselerasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan hal ini bisa jadi peluang bagi SMANDEL Business Network, karena selain untuk terus menjaga investasi juga bisa membuka peluang bagi pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) maupun investasi besar di korporasi. Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo karena investasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Tentang tren pariwisata ke depan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan adanya perubahan tren wisatawan pasca pandemi, yakni  personalize, customize, localize dan smaller in size. Konsepnya tersebut fokus pada gerakan-gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menitipkan empat karakter pemimpin untuk diteladani oleh peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan SMANDEL Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan. Empat karakter tersebut, yakni menjadi teladan yang baik, bertanggung jawab, berani ambil risiko, dan membangun kerja sama antar anggota.

Sebelum mengakhiri paparannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menekankan kepada peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Smandel Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa mengambil peluang bisnis dengan sikap beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi.

Ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan dengan dibungkus semangat 3G, “gercep” (gerak cepat), “geber”" (gerak bersama) dan “gaspol” (garap semua potensi online). “Kita keniscayaannya adalah menuju ekonomi digital, jika kita tidak terdigitalisasi maka kita akan tereliminasi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Paparan diakhiri dengan penyampaian target Indonesia untuk menciptakan lapangan kerja berkualitas di tahun 2024 sebanyak 4,4 juta, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI berharap SMANDEL Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi bagian yang menciptakan lapangan pekerjaan tersebut. (SP/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749