Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Selenggarakan Precourse bagi Calon PPRA 65 dari Negara Sahabat

Biro Kerja Sama dan Hukum Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan kegiatan Precourse bagi Calon Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Tahun 2023 dari negara sahabat yang akan dilaksanakan pada 24 sampai 26 Januari 2023.

Penyelenggaraan hari pertama tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Lemhannas RI Laksma TNI Deny Septiana, S.A.P., M.A.P bertempat di Ruang Nusantara II, Lemhannas RI pada (24/1).

Calon PPRA 65 dari negara sahabat tersebut akan diberikan pengenalan kurikulum dan pembinaan peserta oleh Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI. Selain itu, Calon PPRA 65 dari negara sahabat juga akan mendapatkan pengenalan bidang Ketahanan Nasional oleh Taprof Bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional Mayjen TNI (Purn) M. Nasir Madjid, S.E., lalu bidang studi Olah Sismennas oleh Tajar Bidang Sistem Manajemen Nasional Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy, M.Pd., kemudian bidang studi Wawasan Nusantara oleh Tajar Bidang Geopolitik dan Wawasan Nusantara Laksda TNI Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M., CHRMP, serta bidang studi kepemimpinan oleh Taprof Bidang Sistem Manajemen Nasional Mayjen TNI (Purn) Sugeng Santoso, S.I.P. Empat bidang tersebut merupakan ciri khas dari pendidikan di Lemhannas RI.

Adapun materi Pengenalan Kelembagaan Lemhannas RI dipaparkan kepada Calon PPRA 65 oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Brigjen TNI Suratno, S.I.P. dan tata tertib Lemhannas RI oleh Kepala Biro Umum Lemhannas RI Brigjen Pol Drs. Agus Sadono, M. Hum.

Hadirnya Calon PPRA 65 dari negara sahabat merupakan kesempatan pertama kembali setelah dua tahun tidak bergabungnya peserta dari mancanegara.

“Mudah-mudahan semua kegiatan ini bisa membawa keeratan persaudaraan kita semua dan kita bisa melaksanakan semua tugas pendidikan dengan baik dan lancar,” ujar Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI menutup sambutannya.

Perlu diketahui bersama Calon PPRA 65 dari negara sahabat yang hadir dari sembilan negara, yakni Colonel Staff Mr. Khalil Ibraheem Sh. Alshaikhi dari Arab Saudi, Air Commodore Manish Vasantkumar Patel dari India, Lieutenant Colonel Soulisack Racksivy dari Laos, Captain (N) Abd Halim Bin Kamarudin dari Malaysia, Commodore (Ops) Shahid Rasheed dari Pakistan, Colonel Wong Mingjie dari Singapura, Brigadier Janaka Sampath Bandara Wickramasinghe Pallekumbura dari Sri Lanka, Group Captain Kunagorn Srenitiboot dari Thailand dan Mcselassie Chikonde dari Zimbabwe.

Pada kegiatan precourse Calon PPRA 65 dari negara sahabat juga akan melakukan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk pengenalan budaya lokal negara Indonesia yang direncanakan pada Kamis, 26 Januari 2023. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749