Lemhannas RI Bersiap Perkuat Komunikasi Strategis dengan LKBN ANTARA

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto melakukan kunjungan ke Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan disambut langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat di Kantor Pusat ANTARA, Jakarta, pada Selasa (24/11).

“Kami sengaja datang untuk membuat interaksi lebih dalam, dasarnya antara Lemhannas dengan simpul-simpul media,” kata Gubernur Lemhannas RI. Menjalin interaksi ini perlu dilakukan, karena Lemhannas RI selain melakukan fungsi pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional, juga membuat kajian strategis untuk Presiden RI.

Kajian yang Lemhannas RI lakukan selama ini bersifat tertutup dengan mengkaji hal-hal yang mengikuti perkembangan situasi terutama di tahun 2023 dan dinamika geopolitik. Lemhannas RI juga harus bersiap-siap memperkuat komunikasi strategis dengan pemerintah yang salah satunya dengan LKBN ANTARA.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus disampaikan ke publik, terutama membantu menjelaskan posisi pemerintah untuk melakukan mitigasi krisis.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama LKBN ANTARA mengatakan yang menjadi tantangan terbesar dalam kebijakan pemerintah adalah koordinasi dan komunikasi dengan pihak eksternal. Padahal, menurut Direktur Utama LKBN ANTARA, pemerintah sudah memiliki tools yang sebenarnya sudah relatif sangat maju untuk menangkal isu maupun perang informasi yang berkembang.

Selanjutnya, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan terkait arahan Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan mitigasi krisis sampai Idulfitri 2023. Sejalan dengan hal tersebut, hal yang perlu diperkuat adalah komunikasi strategis yang salah satunya melakukan interaksi dengan LKBN ANTARA untuk memperkuat koordinasi bersama dalam menawarkan suatu rancangan strategi komunikasi ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan terutama terkait mitigasi risiko 2023.

Sejumlah pejabat LKBN ANTARA yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Direktur Pemberitaan Akhmad Munir, Sekretaris Perusahaan Azhari, Redaktur Pelaksana Teguh Priyanto, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahyani, dan Koordinator Liputan Redaksi Polhukam Imam Budilaksono.

Turut Hadir juga mendampingi Gubernur Lemhannas RI, yakni Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI Suratno, S.I.P., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Deny Septiana, S.A.P., M.A.P., dan Kepala Bagian Protokol dan Peliputan Drs. Paiman, M.I.P. (SP/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749