Lemhannas RI Selenggarakan Upacara Rutin Bulanan Pertama di Tahun 2023

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Menyelenggarakan Upacara Rutin Bulanan setiap tanggal tujuh belas bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, pada Selasa (17/1).

Bertindak langsung sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. “Hari ini kita melakukan upacara tanggal tujuh belas untuk menguatkan kembali ikhtiar kebangsaan kita kepada bendera merah putih, kepada Pancasila dan UUD, juga kepada kesetiaan kita, ikrar kita di korps kita masing-masing,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Perlu diketahui bersama bahwa pada penyelenggaraan upacara rutin bulanan tanggal tujuh belas selalu diiringi pembacaan teks Pancasila, pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, pengucapan Sapta Marga, pengucapan Tri Brata dan pengucapan Panca Prasetya KORPRI.

Pada upacara tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan beberapa hal terkait dinamika kelembagaan. Pertama, Lemhannas RI sudah mulai masuk pada program anggaran tahun 2023 dan banyak hal yang mendapat penghargaan-penghargaan tingkat nasional. Misalnya secara pencapaian anggaran terjadi kenaikan dari realisasi anggaran sebelumnya. Capaian realisasi anggaran pada tahun anggaran 2022 sebesar 99,05 persen, mengalami kenaikan sebanyak 0,64 persen dari realisasi anggaran tahun anggaran 2021 sebesar 98,41 persen.

Hal tersebut terjadi atas kerja keras seluruh personel di Lemhannas RI selama tahun 2022. “Kita berkomitmen untuk menjaga kinerja tersebut sepanjang 2023,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Kedua, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Lemhannas RI akan melakukan program-program yang sudah dirancang sepanjang tahun 2022 untuk dilaksanakan pada tahun 2023.

Pada bidang pendidikan, bulan ini Lemhannas RI akan memulai Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 dan menerima peserta dari mancanegara. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Lemhannas RI memang merupakan tempat pendidikan strategis yang menyiapkan kepemimpinan nasional, hingga layak diikuti perwira dan peserta dari mancanegara.

 Pada bidang pengkajian, Lemhannas RI saat ini hingga empat bulan ke depan akan fokus melakukan mitigasi krisis sesuai dengan arahan Presiden. Saat ini, bidang pengkajian masih terus berkoordinasi dengan setidaknya 14 kementerian dan lembaga untuk menyiapkan mitigasi krisis tahun 2023.

Pada bidang kebangsaan, sudah dilakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di sana ada terobosan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang dilakukan untuk pejabat eselon 1 dan 2 provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, juga diikuti peserta DPRD Aceh.

Terakhir, untuk Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional akan berusaha memperkuat indeks pengukuran ketahanan nasionalnya dengan terus menyediakan metode juga mungkin melakukan triangulasi untuk meningkatkan indeks ketahanan nasional itu.

 Gubernur Lemhannas RI berharap di tahun 2023 seluruh personel Lemhannas RI akan semakin guyub dan semakin dekat interaksinya melalui program-program Lemhannas RI.

”Kerja keras kita bersama akan sangat menentukan bagaimana lembaga ini, Lemhannas RI bisa terus berperan sebagai salah satu lembaga strategis di bawah presiden yang terus menerus berusaha untuk mencegah krisis, (dan) meningkatkan ketangguhan ketahanan nasional kita,” pungkas Gubernur Lemhannas RI. (SP/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749