Lemhannas RI Gelar Pemantapan Nilai Kebangsaan di Provinsi Aceh

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Pejabat Eksekutif dan Legislatif Pemerintahan Aceh Angkatan I dan II Tahun 2023 Lemhannas RI. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto bertempat di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh pada Senin (16/1).

Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 200 peserta yang dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan I sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Pejabat Eksekutif Setingkat Eselon II pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-provinsi Aceh.

Sedangkan Angkatan II sejumlah 100 peserta yang terdiri dari Pejabat Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Pejabat Eksekutif Setingkat Eselon II pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Angkatan I akan dilaksanakan pada 16 Januari 2023 sampai 22 Januari 2023 dan Angkatan II dilaksanakan pada 23 Januari 2023 sampai 29 Januari 2023.

Adapun tema kegiatan kali ini, yaitu Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa guna Memelihara dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.

Gubernur Lemhannas RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan kebangsaan kepada setiap jejaring instansi di Aceh melalui para pejabat eksekutif dan legislatif di Aceh. Melalui pelaksanaan kegiatan tersebut, Lemhannas RI juga memberikan pemahaman bagi pejabat di Aceh tentang proyeksi risiko yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2023.

Pemerintah Aceh diharapkan dapat bersiap diri dengan merancang mitigasi atas proyeksi risiko tersebut. “Diharapkan Pemerintah Aceh bisa menyiapkan mitigasi, sehingga skenario butuh tahun 2023 bisa kita antisipasi secara bersama-sama,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan ini juga merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama Nomor 43/PKS/XI/2022 dan nomor 120.23/138/BPSDM/2022 antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh dengan Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI tentang penyelenggaraan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Komponen Bangsa di Provinsi Aceh.

Turut hadir dalam Upacara Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Pejabat Eksekutif dan Legislatif Pemerintahan Aceh Angkatan I dan II Tahun 2023 Lemhannas RI, yakni Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki. (NA/CHP)



Hak cipta © 2023 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749