Gubernur Lemhannas RI Hadiri Temu Ramah dengan DPD IKAL-Lemhannas Aceh

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto bertolak ke Aceh. Hal tersebut dalam rangka penyelenggaraan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Pejabat Eksekutif dan Legislatif Pemerintahan Aceh Angkatan I dan II Tahun 2023 Lemhannas RI yang akan dibuka pada Senin, 16 Januari 2023.

Setibanya di Aceh, Gubernur Lemhannas RI beserta pejabat pendamping terlebih dahulu menghadiri Temu Ramah dengan DPD IKAL-Lemhannas Aceh pada Minggu (15/1). Dalam kesempatan tersebut, DPD IKAL-Lemhannas Aceh menyampaikan rekomendasi tentang “Kesiapan Aceh Menghadapi Transisi Energi dalam Konteks Ketahanan Nasional” kepada Lemhannas RI. Rekomendasi tersebut merupakan hasil dari “Ngopi Kebangsaan” DPD IKAL-Lemhannas Aceh yang diselenggarakan sebelumnya pada 24 Desember 2022.

Dalam rekomendasi tersebut tertuang potensi dan kemajua pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dimiliki Aceh.

Pemerintah Aceh memang telah mengeluarkan kebijakan terkait EBT yang disahkan dalam bentuk dua regulasi, yakni Qanun Aceh No. 4 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Aceh dan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 16 tahun 2022 tentang Percepatan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Lingkup Pemerintahan Aceh. Namun, DPD IKAL-Lemhannas Aceh memandang dibutuhkan sejumlah kebijakan, baik pada level pusat, maupun daerah, guna mempercepat proses transisi energi di Aceh.

Kehadiran Gubernur Lemhannas RI dalam Temu Ramah tersebut merupakan bentuk komitmen Lemhannas RI yang terus menjaga hubungan baik dan interaksi dengan alumni Lemhannas RI. (NA/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749