Presiden ke-5 RI Apresiasi Langkah Presiden Joko Widodo Mengembalikan Fungsi Lemhannas RI

Presiden Republik Indonesia Periode 2001-2004 Megawati Soekarnoputri mengapresiasi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang mengambil langkah untuk mengembalikan fungsi awal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Hal tersebut disampaikan Presiden ke-5 RI tersebut dalam acara Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective pada Senin (7/11).

Dilansir dari Tempo.co, Ibu Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa pendirian Lemhannas RI sesungguhnya adalah jawaban bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan geopolitik yang dinamis.

Menyoroti kondisi terkini, Ibu Megawati Soekarnoputri juga menyampaikan kekhawatirannya terkait kondisi geopolitik yang terjadi belakangan ini. Kekhawatiran yang muncul adalah jika negara-negara di dunia akan berlomba-lomba membangun senjata hingga mabuk akan kekuatan. "Seperti perang asimetris, proxy war, perang dagang, perang persenjataan, dan perang hegemoni dengan potensi eskalasi yang begitu cepat dan mengkhawatirkan kita semua," kata Ibu Megawati Soekarnoputri.

Menurut Ibu Megawati Soekarnoputri, agar Indonesia mampu menjawab dinamika geopolitik dunia, maka Indonesia perlu memperkuat rasa persaudaraan sesama anak bangsa. Oleh karena itu, langkah Presiden Jokowi mengembalikan fungsi asli pembentukan Lemhannas RI dirasa tepat dan patut diapresiasi. "Jadi Alhamdulillah Pak Jokowi sudah menginstruksikan untuk supaya sesuai kembali seperti yang apa yang dikehendaki Bung Karno terhadap Lemhannas tersebut," pungkas Ibu Megawati Soekarno Putri. (NA/CHP)



Hak cipta © 2023 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749