Lemhannas RI Terima Kunjungan Siswa SMA Kristen IPEKA Sunter

Sejumlah siswa SMA Kristen IPEKA Sunter mengunjungi Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) pada Senin (31/10). Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bagian Protokol dan Peliputan Drs. Paiman M.I.P. dan Kepala Sub Direktorat Evaluasi dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Kolonel laut (P) Gandawilaga, S.E., M.M., CRMP di Ruang Pancasila, Gedung Trigatra Lemhannas RI.

“Semoga kedatangan adik-adik semuanya ke Lemhannas RI akan mendapatkan tambah wawasan, tambah pengetahuan, dan yang lebih penting lagi adalah mampu membangun karakter sebagai anak bangsa, sebagai generasi penerus di masa yang akan datang,” kata Kepala Bagian Protokol dan Peliputan Lemhannas RI.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Protokol dan Peliputan Lemhannas RI menjelaskan bahwa Lemhannas RI merupakan lembaga pemerintah nonkementerian (LPNK) yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Terkait hal tersebut, Lemhannas RI memiliki tiga fungsi, yakni menyelenggarakan pendidikan pimpinan tingkat nasional, melaksanakan pengkajian strategis, dan melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Wakil Kepala SMA Kristen IPEKA Sunter Wahyu Tjahjani, S.Pd. yang turut mendampingi rombongan mengucapkan terima kasih atas kesempatan kunjungan yang diberikan Lemhannas RI. “Selama ini kami melakukan pendidikan di sekolahan melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh guru kami. Tentu akan sangat berbeda ketika kami nanti mendapatkan pengetahuan itu dari narasumber aslinya, yaitu dari Lemhannas RI,” ujar Wakil Kepala SMA Kristen IPEKA Sunter.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut para siswa yang merupakan generasi muda dapat lebih memahami tentang kebangsaan serta cara bersikap dan berperilaku sebagai warga negara Indonesia. “Terima kasih atas berkenan Bapak dan Ibu dari Lemhannas RI untuk menerima kami dengan baik. Kami mohon anak-anak kami dibekali dengan wawasan lebih luas lagi tentang kebangsaan,” pungkas Wakil Kepala SMA Kristen IPEKA Sunter.

“Kita dipersatukan oleh Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan kita adalah NKRI, negara kesatuan,” kata Kepala Sub Direktorat Evaluasi dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. Pada kesempatan tersebut, para siswa mendapatkan pembekalan agar memahami bahwa perbedaan yang dimiliki Indonesia merupakan kekayaan.

Ras, suku, agama, dan bahasa yang berbeda-beda bukanlah menjadi pemecah, namun menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia. Kepala Sub Direktorat Evaluasi dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan mengimbau kepada seluruh siswa SMA Kristen IPEKA Sunter jangan sampai mudah terpecah belah dan agar terus memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. (NA/CL)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749