Cetak

Peserta PPRA 64 Lemhannas RI Ikuti Olah Sistem Manajemen Nasional

“Olah Sismennas (OS) merupakan sebuah latihan simulasi hubungan kerja sama, koordinasi, dan sinkronisasi antarkementerian atau lembaga untuk menghasilkan dan mengoperasionalkan suatu kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terselenggara secara sinergis, efektif, dan efisien serta membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Plt. Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi.

Hal tersebut disampaikan Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI dalam Upacara Pembukaan Olah Sismennas ke-52 Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 64 Tahun 2022 Lemhannas RI bertempat di Aula Dwi Warna Purwa pada Selasa, (27/9). Pelaksanaan Olah Sismennas ke-52 PPRA 64 Tahun 2022 Lemhannas RI mengangkat tema “Koordinasi Lintas Sektoral Aparatur Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Terkait, dalam Pemanfaatan Blue Economy”.

Sebanyak 99 peserta PPRA 64 dibagi ke dalam tiga kelompok Kementerian Koordinator OS, yakni Kelompok Kemenko Polhukam OS, Kelompok Kemenko Marinves OS, dan Kemenko Perekonomian OS. Kemenko Polhukam OS terdiri dari Mabes TNI OS, Kementerian Dalam Negeri OS, Kementerian Luar Negeri OS, dan Mabes Polri OS. Selanjutnya Kemenko Marinves OS terdiri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan OS, Kementerian Investasi dan BKPM OS, Kementerian ESDM OS, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OS, dan Kementerian Perhubungan OS. Kemudian Kemenko Perekonomian OS terdiri dari Kementerian Perdagangan OS, Kementerian Tenaga Kerja OS, Kementerian BUMN OS, serta Kementerian Koperasi dan UKM OS.

Dalam pelaksanaan Olah Sismennas kali ini digambarkan sebuah skenario yang menggambarkan berbagai dinamika kehidupan nasional yang diasumsikan secara logis, situasi yang dimunculkan dibuat dengan sedemikian rupa, sehingga tercipta kesamaan atau kemiripan dengan keadaan dan dinamika yang sesungguhnya. Berbagai dinamika yang digambarkan, baik eksternal maupun internal, akan mempengaruhi kehidupan nasional utamanya dalam hal pembangunan nasional yang diselenggarakan menjadi lebih dinamis sesuai dengan skenario yang telah direncanakan.

Pelaksanaan Olah Sismennas bertujuan untuk melatih para peserta dalam proses penyelenggaraan negara, sehingga mampu memahami dan mengambil keputusan dalam kondisi kritis, mampu membuat kebijakan strategi dalam rangka memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif, integral, sistemik, dan holistik. (NA/CHP)