Alumni Program L-IUN Diharapkan Terus Berinteraksi dengan Lemhannas RI

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto memberikan pembekalan dan pelepasan alumni program Lemhannas-Inter University Network (L-IUN) Angkatan V T.A. 2020 bertempat di Ruang Nusantara I, Gedung Trigatra, Lemhannas RI pada Kamis (1/9). Para lulusan program L-IUN yang hadir, terdiri dari delapan alumni program magister ketahanan nasional, empat orang dari Universitas Indonesia (UI) dan empat orang dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam (SKA) dan Ketahanan Nasional (Tannas) Lemhannas RI selaku Ketua Pengelola L-IUN Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A., Ketua Prodi Kajian Ketahanan Nasional SKSG Universitas Indonesia Dr. Arthur Josias Simon Runturambi, M.Si., dan Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P.

Tenaga Profesional SKA dan Tannas Lemhannas RI selaku Ketua Pengelola L-IUN menyampaikan bahwa L-IUN dibangun sejak 2012. Namun, adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu penghambat dilanjutkannya program L-IUN. Sampai saat ini, alumni L-IUN sudah berjumlah 74 orang. Diharapkan ke depannya program L-IUN bisa kembali dilaksanakan dan semakin merangkul khalayak luas.

“Saya harapkan teman-teman dari L-IUN tetap berinteraksi,” kata Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa Lemhannas RI memiliki sedikit perbedaan dengan lembaga pendidikan lainnya, seperti UI dan UGM. Perbedaan tersebut adalah Lemhannas RI mencetak pemimpin yang kuat dalam pembuatan kebijakan, sedangkan UI dan UGM konsentrasinya adalah fondasi akademik yang kuat. “Kalau di Lemhannas RI, kami ingin menciptakan pemimpin yang kuat membuat kebijakan, policy recommendation oriented,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Menutup pembekalannya, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan ucapan selamat karena para alumni telah berhasil menyelesaikan masa pendidikan dan akan kembali mengabdikan diri dengan berdinas di instansi masing-masing. Gubernur Lemhannas RI mengingatkan agar para alumni terus berinteraksi dengan Lemhannas RI dan jika ada ide pembuatan alumni L-IUN dapat dikoordinasikan dengan Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI. 



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749