Lemhannas RI Bekali Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 dengan Nilai-Nilai Kebangsaan

Sebanyak 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu mengikuti kegiatan Pengenalan dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) selama lima hari dimulai Senin, 22 Agustus 2022 sampai Jumat, 26 Agustus 2022.

“Merupakan sebuah kewajiban bagi Lemhannas RI untuk memberikan pencerahan terkait pengenalan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa,” kata Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla saat menyampaikan sambutan dalam Upacara Pembukaan bertempat di Gedung Dwi Warna Purwa pada Senin, 22 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI menyampaikan bahwa Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka mengamanatkan BPIP bertanggung jawab atas penyiapan Paskibraka. Paskibraka yang merupakan kader calon pemimpin bangsa harus berkarakter Pancasila dan memiliki komitmen kuat untuk menjadi panutan bagi generasi muda Indonesia.

Sebagai kader calon pimpinan bangsa yang nantinya akan menjadi duta Pancasila, komitmen tersebut perlu didukung oleh pengenalan nilai-nilai kebangsaan yang utuh. Oleh karena itu, kehadiran pada Paskibraka di Lemhannas RI sangat tepat guna mengenali nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa secara lebih mendalam.

“Diharapkan adik-adik (Paskibraka) sekalian akan mampu lebih optimal dalam berkontribusi positif untuk penyelesaian persoalan bangsa yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi ataupun kelompok,” pungkas Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M. mewakili Kepala BPIP RI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lemhannas RI atas penyelenggaraan Pengenalan dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022. Hal ini dipandang penting karena Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 merupakan generasi emas yang pada Tahun 2045 nanti akan berusia matang dan diharapkan akan duduk sebagai pemimpin di seluruh Indonesia.

“Dengan pembinaan karakter yang telah diberikan, pembekalan ideologi Pancasila yang telah dilaksanakan, dan juga pelaksanaan tugas negara yang dilaksanakan pada 17 Agustus kemarin, kiranya pembekalan dari Lemhannas RI semakin menguatkan Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022,” ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI. Seluruh hal tersebut diharapkan sungguh-sungguh mempersiapkan para Paskibraka untuk menempa diri sehingga selanjutnya dapat terjun ke masyarakat sebagai Duta Pancasila dan sebagai pemimpin Indonesia pada 2045 nanti.

Turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut, yakni Sekretaris Utama BPIP RI Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si., Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP RI Ir. Prakoso, M.M., Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP RI K.A. Tajuddin, S.H., M.H., dan Wakor Taprof Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, dan Kakak-Kakak Asuh dari Pengurus Duta Pancasila Paskibraka Indonesia. (NA/CHP)



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749