Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Lemhannas RI Gotong Royong Membantu Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat

Dalam rangka memperingati 77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI pada Rabu (17/8). Upacara tersebut diikuti oleh seluruh Pejabat serta Personel Lemhannas RI dan bertindak sebagai Inspektur Upacara, yakni Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah.

“Selama 77 tahun, bangsa Indonesia terus membuktikan eksistensi bangsa ini untuk selalu berkomitmen menjadi satu identitas bangsa, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah saat menyampaikan amanat. Nikmat dan anugerah kemerdekaan yang telah dimiliki bangsa Indonesia selama 77 tahun patut disyukuri seluruh warga negara Indonesia.

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, Hari Ulang Tahun ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia terasa sangat istimewa. Hal tersebut karena Indonesia terpilih menjadi Presidensi G20. “Tema Presidensi G20 Indonesia adalah “Recover Stronger, Recover Together”, selaras dengan tema Hari Ulang Tahun ke – 77 Republik Indonesia, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Hal tersebut membuat perbedaan, yakni pada tahun 2022 ini, Indonesia bukan hanya memperjuangkan kepentingan nasional. Namun, Indonesia juga menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi dalam penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi dunia.

Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara tersebut menuntun bangsa Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Sejalan dengan hal tersebut, Lemhannas RI memiliki peran dan fungsi yang relevan dengan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lemhannas RI memberikan sumbangsih positif dan konstruktif bagi bangsa dalam bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan demi pembangunan nasional yang adil dan merata sehingga dapat mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.

Lemhannas RI merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang menjunjung tinggi persatuan, mengingat personelnya berasal dari TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN). “Dengan berlandaskan semangat gotong royong dan soliditas yang tinggi, Lemhannas RI mampu membantu bangsa Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Namun, bangsa Indonesia harus menyadari pula bahwa di tengah persaingan dan dinamika geopolitik, baik pada tataran regional maupun internasional, pemahaman dan rasa kebangsaan yang kuat, kompetensi, dan daya saing bangsa menjadi prasyarat mutlak agar bangsa Indonesia dapat menunjukkan prestasinya dalam kancah regional maupun internasional. Menyoroti hal tersebut, proyeksi Geopolitik 5.0 dinilai perlu dilakukan untuk memosisikan Indonesia sebagai kekuatan regional di tahun 2045.

Menutup amanatnya, Wakil Gubernur mengingatkan dan mengajak seluruh anggota dan peserta pendidikan Lemhannas RI, agar saling bergotong royong serta bersinergi. “Bergotong royong serta bersinergi tidak hanya dalam melaksanakan tugas, peran, dan fungsi Lemhannas RI, namun juga membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat demi kemajuan bangsa dan negara,” ucap Wakil Gubernur Lemhannas RI.



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749