Sestama Lemhannas RI Menerima Sertifikat Ucapan Terima Kasih dari Menteri Luar Negeri Jepang

Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Komisaris Jenderal Polisi Drs. Purwadi Arianto, M.Si. menerima pemberian sertifikat ucapan terima kasih dari Menteri Luar Negeri Jepang. Sestama Lemhannas RI merupakan satu dari tujuh penerima Sertifikat Ucapan Terima Kasih Menteri Luar Negeri Jepang. Acara tersebut berlangsung di Kediaman Resmi Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta Selatan, pada Jumat (12/08).

Pemberian Sertifikat Ucapan Terima Kasih tersebut diberikan atas upaya mengembangkan proyek untuk mempromosikan Pemolisian Masyarakat (POLMAS), dan dengan demikian memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan saling pengertian dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Di kesempatan yang sama turut dilaksanakan pemberian penghargaan Duta Besar Jepang untuk Indonesia kepada tujuh individu atas kontribusinya dalam memajukan hubungan persahabatan dan saling pengertian antara kedua negara di bidang kepolisian selama bertahun tahun. Sertifikat dan Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tamura Masami.

Pada kesempatan tersebut, kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia. “Saya merasa senang dapat menyelenggarakan acara penyerahan penghargaan ini, dan menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak/Ibu sekalian,” kata Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Disampaikan juga bahwa Jepang dan Indonesia sebagai mitra strategis memiliki hubungan erat di bidang politik, ekonomi, dan budaya, serta berbagai nilai-nilai universal seperti demokrasi dan supremasi hukum.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Lemhannas RI turut menyampaikan sambutannya. “Kita patut berbangga, namun bukan sebagai capaian akhir kita. Kebanggaan ini justru menjadi motivasi bagi diri kita untuk lebih mengembangkan diri dalam mempromosikan Pemolisian Masyarakat yang telah kita lakukan selama ini,” tutur Sekretaris Utama Lemhannas RI.

Sejak tahun 2001 pemerintah Jepang telah melakukan program dukungan reformasi Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang salah satunya adalah mengirimkan perwira tinggi Jepang untuk menjadi penasihat Kapolri.

Terkait POLMAS, Sestama Lemhannas RI menjelaskan bahwa program tersebut memiliki hal utama dalam bidang manajemen organisasi, identifikasi tempat kejadian perkara (TKP), dan komando komunikasi. Kemudian, pada tahun 2012 pemerintah Jepang menerapkan “Proyek POLMAS NASIONAL” untuk mempromosikan kegiatan polisi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Di akhir sambutannya, Sestama Lemhannas RI menyampaikan harapannya pada kegiatan tersebut. ”Saya berharap acara pada hari ini dapat menjadi bentuk eratnya persahabatan kedua negara, Jepang dan Indonesia, untuk terus memperkuat jalinan kerja sama di masa yang akan datang,” ujar Sestama Lemhannas RI dalam sambutannya mewakili seluruh penerima. (SP/CHP)



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749