Berbagai Kalangan di Ternate Ikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI

Sebanyak 100 peserta dari kalangan birokrat, akademisi, DPRD, tokoh masyarakat, dan elemen TNI-Polri dari Ternate, Provinsi Maluku Utara mengikuti kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI. Acara yang bertajuk “Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, TNI dan Polri di Ternate” ini dibuka langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Hotel Grand Dafam Bela Ternate, Maluku Utara pada Selasa (20/03).

 

 

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhannas RI menyatakan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dan menyampaikan harapannya agar peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menggali makna dan pemahaman wawasan nusantara dan nilai-nilai kebangsaan.

 

“Sebagai bangsa yang disatukan karena perbedaan dan kemajemukan, nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus senantiasa dijaga. Melihat kondisi SDM yang cukup besar secara kuantitas, tetapi masih belum memenuhi harapan dari segi kualitas. Mentalitas dan moralitas, termasuk di dalamnya etos kerja, nasionalisme, dan patriotisme perlu untuk ditanamkan dan ditumbuhkembangkan”, ujar Agus dalam sambutannya.

 

 

Kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini sendiri akan diselenggarakan selama 8 hari, dari 20 Maret hingga 27 Maret 2018. Selesai mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk memahami nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari 4 konsensus dasar bangsa, memahami paradigma nasional yaitu wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan kepemimpinan nasional, serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan sesuai dengan peran dan posisinya masing-masing di masyarakat.

 

Selama 8 hari peserta akan mendapatkan berbagai materi nilai dan wawasan kebangsaan, diskusi kelompok, simulasi, dan outbond untuk penyegaran.

 

Dalam pembukaan kegiatan pemantapan kebangsaan di Ternate, turut hadir Sultan Tidore Husain Sjah, Plt. Gubernur Maluku Utara Zeth Sahuburua, Ketua Pengadilan Tinggi Maluku Utara Kornel Sianturi, perwakilan Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, dan Sekretaris DPRD Maluku Utara Abubakar Abdullah.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749