Cetak

Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan Resmi Dilantik Sebagai Sestama Lemhannas RI

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo secara resmi melantik Sekretaris Utama yang baru yakni Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., menggantikan Komjen Pol Drs. Arif Wachyunadi yang telah memasuki masa pensiunnya, dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Sestama Lemhannas RI, Senin (30/4) siang di Ruang Dwiwarna Purwa Gd. Pancagatra Lemhannas RI.

 

Dalam amanatnya Agus Widjojo menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam sebuah organisasi sebagai sarana regenerasi dalam pembinaan karir personel. “Bagi Lemhannas RI pelantikan memiliki makna penting dan strategis sebagai jawaban dari tuntutan dan tantangan tugas kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan negara kepada pejabat yang dilantik merupakan amanat yang harus dijalankan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Agus Widjojo.

 

Irjen Pol. Iriawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri ini resmi menduduki jabatan sebagai Sekretaris Utama Lemhannas RI (Sestama) sejak hari ini. Menurut Agus Widjojo, Sestama merupakan suatu jabatan pimpinan inti madya yang memiliki peranan penting dalam suatu lembaga pemerintahan non kementerian.

 

“Jabatan tersebut memiliki peranan yang sangat menentukan bagi instansi pemerintahan, untuk itu saya berpesan agar Sestama melihat tantangan strategis, mempertahankan apa yang sudah baik, dan memperbaiki dan meningkatkan hal-hal yang menjadi bahan evaluasi, agar penyelenggaraan berbagai kegiatan, mulai dari perencanaan, pembinaan, dan pengendalian administrasi dan sumber daya di lingkungan Lemhannas RI dapat berjalan lebih efektif dan efisien,” pesan gubernur.

 

Disamping itu, seorang sekretaris utama secara fungsional merupakan pejabat kuasa pengguna anggaran dalam arti berwenang mengelola keuangan dan anggaran negara di lingkungan Lemhannas RI. Keberadaan posisi Sestama tidak dapat dipungkiri akan memengaruhi dinamika pencapaian kinerja kelembagaan secara menyeluruh.

 

Gubernur berharap agar Irjen Pol. Iriawan mampu mewujudkan sinergi di antara unit kerja dalam suasana yang kondusif serta harmonis, dapat menghadirkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan inovatif untuk menunjang tugas pimpinan, serta dapat pula menjadi motivator dan inspirator bagi jajaran di bawahnya.

 

“Saya percaya saudara dengan cepat dapat menyesuaikan diri dengan tugas yang baru, berbekal pengalaman tugas yang saudara miliki dan sinergi yang solid, kita mampu bersama sama untuk mewujudkan harapan besar masyarakat, bangsa dan negara yang dipercayakan pada Lemhannas RI,” katanya.

 

Mengakhiri sambutannya, Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komjen Pol. Drs. Arif Wachyunadi atas pengabdiannya kepada Lemhannas RI. Turut hadir dalam pelantikan tersebut para pejabat struktural dan fungsional serta para tenaga ahli dan profesional Lemhannas RI.