Olah Sismennas Pertama Program Pendidikan Singkat Lemhannas RI

Olah Sistem Manajemen Nasional (Sismennas) ke-1 PPSA 23 Lemhannas RI Tahun 2021 secara resmi dibuka pada Selasa (21/9). Olah Sismennas tersebut dilaksanakan secara virtual dengan mengangkat tema “Koordinasi Lintas Sektoral Aparatur Pemerintahan dan Instansi Terkait dalam Melanjutkan Pembangunan Nasional di Tengah Penyelesaian Covid-19”. Dalam Olah Sismennas tersebut, sebanyak 60 peserta PPSA 23 dibagi menjadi 13 Kementerian/Lembaga, yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Sosial, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, dan Markas Besar Polri.

Dalam skenario Olah Sismennas, akan tergambarkan berbagai dinamika kehidupan nasional yang diasumsikan secara logis. Situasi yang dimunculkan dibuat dengan sedemikian rupa sehingga tercipta kesamaan atau kemiripan dengan keadaan dan dinamika yang sesungguhnya. Berbagai dinamika yang digambarkan, baik eksternal maupun internal, akan memengaruhi kehidupan nasional, utamanya dalam hal pembangunan nasional yang diselenggarakan menjadi lebih dinamis sesuai dengan skenario yang telah direncanakan.

Dalam laporannya, Direktur Operasional Pendidikan Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsma TNI Maman Suherman, M.A.P. menyampaikan beberapa tujuan Olah Sismennas tersebut. Pertama, melatih peserta dalam mengaplikasikan seluruh ilmu pengetahuan dan seluruh bidang studi yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di Lemhannas RI. Kedua, melatih peserta membuat kebijakan strategi dan rekomendasi kebijakan dalam mewadahi para pemangku kepentingan dalam rangka memecahkan persoalan nasional yang faktual secara komprehensif. Ketiga, melatih peserta dalam melakukan koordinasi lintas sektoral baik antarinstansi secara horizontal maupun vertikal melalui proses dan mekanisme birokrasi guna mengambil keputusan. Keempat, melatih peserta mengambil keputusan dalam kondisi kritis atau keterbatasan waktu maupun sarana prasarana yang tersedia.

“Olah Sismennas yang akan dilaksanakan ini merupakan sebuah latihan simulasi hubungan kerja sama, koordinasi, dan sinkronisasi antar kementerian dan lembaga untuk menghasilkan dan mengoperasionalkan suatu kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terselenggara secara sinergis, efektif, dan efisien serta membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. pada Upacara Pembukaan Olah Sismennas ke-1 PPSA 23 Lemhannas RI Tahun 2021.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan bahwa Olah Sismennas merupakan salah satu metode yang dikembangkan oleh Lemhannas RI dalam pembelajaran bagi para peserta Program Pendidikan Reguler dan Program Pemantapan Pimpinan Daerah. Tahun ini menjadi istimewa, karena pada tahun ini adalah pertama kalinya para peserta Program Pendidikan Singkat turut melaksanakan kegiatan Olah Sismennas. “Olah Sismennas ini bertujuan untuk melatih para peserta dalam proses penyelenggaraan negara, sehingga mampu memahami dan mengambil keputusan dalam kondisi kritis, mampu membuat kebijakan strategi dalam rangka memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif, integral, sistemik dan holistik,” ujar Sugeng.

Sugeng juga menyampaikan bahwa Olah Sismennas ini merupakan upaya untuk mendapatkan sistem evaluasi penilaian bagi peserta yang obyektif dan adil dengan mengembangkan pola evaluasi Olah Sismennas yang diambil dari produk perseorangan. Sebelum mengakhiri sambutannya, Sugeng mengingatkan agar seluruh peserta PPSA 23 dan personel Lemhannas RI melaksanakan Olah Sismennas dengan baik dan sunguh-sungguh, sesuai dengan mekanisme dan skenario yang dibuat. Sehingga Olah Sismennas dapat meningkatkan kemampuan para peserta dalam proses pengambilan keputusan yang tepat dan strategis untuk memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif, integral, sistemik, dan holistik.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749