Perista Lemhannas RI Selenggarakan Kegiatan Pengembangan Diri

Persatuan Istri Anggota Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Perista Lemhannas RI) menggelar kegiatan “Understanding You: Makes More Confidence than Before” dengan narasumber Dodi Rustandi dari STIFIn pada Rabu (15/9). Dalam sambutannya, Plt. Ketua Perista Lemhannas RI Lisa Wieko Syofyan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berkaitan dengan program kerja bidang pendidikan Perista Lemhannas RI. “Saya berharap apa yang disampaikan oleh Bapak Dodi Rustandi nantinya akan bermanfaat bagi kita semua,” kata Lisa.

STIFIn adalah akronim dari Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting yang merupakan sebuah konsep mesin kecerdasan manusia berdasarkan sistem operasi otak yang dominan dan dapat diketahui dengan memindai sidik jari. STIFIn mengelompokkan menjadi 5 mesin kecerdasan, yakni Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting.

“Setiap orang berhak untuk sukses,” kata Dodi Rustandi. Lebih lanjut Dodi menjelaskan mengenai teori FGL, yakni Fenotip, Genetik, dan Lingkungan. Teori tersebut menjelaskan bahwa 100 % Fenotip atau keadaan saat ini dibangun dari 20% Genetik yang bersifat tetap ditambah 80% pengaruh lingkungan yang sifatnya bisa berubah. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu mengenai genetik karena genetik merupakan hal yang tidak dapat diubah. “Ini sering terabaikan karena porsinya sedikit, padahal hal ini pokok. Hal ini juga yang menjadi kekuatan seorang ibu memahami anaknya,” kata Dodi.

“Otaklah yang memimpin, otaklah yang menjadi pengetahuan bagaimana karakter kita ini, perilaku kita ini secara given-nya itu seperti apa,” ujar Dodi. Dalam materi STIFIn dijelaskan bahwa bagian-bagian dalam otak bekerja secara bersamaan dan harmonis. Keharmonisan dan kebersamaan seluruh komponen otak dipimpin oleh salah satu bagian yang menjadi sistem operasi yang berperan secara aktif sebagai pemimpin. Setiap orang memiliki bagian otak yang sama, namun bagian yang berperan aktif berbeda-beda pada setiap orangnya.

Sebelum dimulainya sesi penjelasan, setiap peserta sudah terlebih dahulu melakukan pemindaian sidik jari dan mendapatkan hasil. Kemudian Dodi menjelaskan arti dari hasil pemindaian sidik jari peserta.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749